Peristiwa

Camat Suwanto Sastrodiharjo Pimpin Upacara, Peringati Hari Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia ke-79

LAMONGAN, DORRONLINENEWS.COM – Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia adalah hari libur nasional di Indonesia untuk memperingati hari proklamasi kemerdekaan Bangsa Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Hal tersebut merupakan deklarasi independensi bangsa Indonesia.

Pada umumnya, Upacara Bendera sang saka merah putih 17 Agustus ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

Pada hari Sabtu, (17/08/2024), pemerintah Kecamatan Mantup bersama jajarannya, melaksanakan Upacara Bendera di Lapangan Mayangkara mulai pukul 07.30 WIB sampai selesai, guna memperingati Hari proklamasi kemerdekaan Bangsa Indonesia yang ke-79 tahun.

Giat tersebut diikuti oleh Forkopimcam (Camat Suwanto Sastrodiharjo, S.STP. MM, Danramil Kapten Kav Nur Chodjim dan Kapolsek AKP Kosim ), Kepala Desa (Kades) se Kecamatan Mantup, hadir dari kalangan pelajar SD, SMP dan SMA Mantup dan di ikuti juga dari berbagai ormas Kokam, Linmas, Banser dll, dengan khidmat.

Bertindak sebagai Pemimpin Upacara Camat Mantup Suwanto Sastrodiharjo, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak karena acara telah berjalan lancar tanpa ada kendala apapun

“Bedanya tahun ini kita laksanakan di lapangan Mayangkara, tahun lalu kita laksanakan di lapangan Kecamatan Mantup”, Ungkapnya.

Lanjut Suwanto panggilan akrab Camat Mantup,” Kemerdekaan berarti kebebasan, sedangkan peringatan hari kemerdekaan suatu Negara atau bangsa dapat diartikan sebagai peringatan dimana suatu Negara atau bangsa terbebas dari segala bentuk penjajahan bangsa asing. Bebas membangun Negara atau bangsanya tanpa adanya campur tangan dari bangsa lain.

“Masih pada kesempatan yang sama, selain itu pemberian penghargaan dan apresiasi siswa siswi yang telah berprestasi di wilayah kecamatan mantup”, imbuh camat.

Camat Mantup juga berharap mendekati pilkada 2024 pihaknya meminta untuk saling memperkokoh persatuan dan kesatuan antar sesama, memahami dimensi politik bahwasanya politik itu sebagai alat saja, jangan sampai ada perselisihan dan perpecahan, meskipun beda pilihan namun kita harus tetap bersatu.

“Yang intinya, Sesuai dengan tema HUT RI yang ke 79 ini Nusantara Baru Indonesia Maju bagaimana kita nanti menciptakan kesejahteraan masyarakat semakin maju, “Pungkasnya.

Setelah Upacara HUT ke 79 RI, Rombongan Forkopimcam dan para Kepala Desa se-Kecamatan Mantup melanjutkan dengan Tabur Bunga di Makam Pahlawan Mantup.

Sementara itu Kapolsek Mantup AKP Kosim mencuplik sedikit sejarah Monumen Mayangkara atau Monumen Kuda Putih.

“Menurut sejarah yang kami ketahui, Monumen Mayangkara atau Monumen Kuda Putih, merupakan simbol Batalyon Djarot yang dibangun pada tanggal 9 Desember 1970, saat pembangunan Monumen ini yang menjabat Dan Yon Mayangkara adalah Letnan Kolonel (Lekol) Ali Wasyah (Dan Yon ke 13).

“Kami hadir pada hari ini, Sabtu tanggal 17 Agustus 2024, pada upacara mengenang arwah dan jasa para pahlawan nusa dan bangsa yang telah berjuang demi memperjuangkan tanah air tercinta yakni Indonesia, “pungkasnya, sembari mengucapkan dengan penuh semangat Merdeka, Merdeka, Merdeka..!,.(tyo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close