Peristiwa

Tungku Sampah Atasi Masalah Lingkungan di Desa Dukun Anyar

GRESIK, DORRLNLINENEWS.COM – Selain fokus dalam perbaikan infrastruktur serta sumber daya manusia (SDM), Pemerintah Desa Dukun Anyar Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik juga memperhatikan kondisi lingkungan.

Baru-baru ini, Pemdes tersebut membuat tungku pembakaran sampah berkapasitas besar. Pembuatan alat tersebut merupakan salah satu langkah penting dalam pengelolaan sampah.

Kepala Desa Dukun Anyar, H Muslih mengatakan pengelolaan sampah dengan tungku pembakaran ini dapat mengurangi volume sampah yang menumpuk.

Pengolahan sampah dengan alat pembakaran ini merupakan ikhtiar dalam menyelesaikan sampah. Sehingga semakin sedikit sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Ternyata efisien, ini baru tiga hari kami buat, semoga bermanfaat, pembuatan tungku ini hanya 8 juta,” katanya ketika ditemui pada Minggu (28/7/2024).

Muslih menambahkan, setiap dua hari sekali petugas mengambil sampah ke rumah-rumah warga. Sampah yang diangkut merupakan sampah sisa yang tak bisa didaur ulang lagi.

“Ada 8 tosa yang mengangkut sampah. Rata-rata sampah yang sudah tidak bisa didaur ulang lagi yang kami bakar,” ujarnya.

Kemudian, sampah yang terkumpul di TPS dibakar di tungku pembakaran. Alat ini, kata Muslih mampu menyelesaikan masalah yang acap kali dikeluhkan masyarakat. Utamanya soal Bai yang menyengat.

“Respon masyarakat bagus, sehingga sampah tak lagi menumpuk dan menimbulkan bau,” ujarnya.

Sebelum punya tungku pembakaran, Muslih mengaku seluruh sampah dibuang ke TPA Ngipik Gresik yang lokasinya jauh, kurang lebih 35 KM dari desanya.

Dia menjelaskan pengoperasian tungku pembakaran ini sangat aman. Apalagi, ada petugas yang selalu standby saat proses pembakaran sampah.

Untuk bahan bakar, tungku tersebut menggunakan bahan-bahan tak berbahaya dan sudah tak terpakai. “Adapun bahan bakarnya berupa campuran oli bekas, untuk pembakaran 30 liter per hari,” ujarnya. (Ono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close