Peristiwa

MPLS SMK Negeri 1 Jetis, Memperkuat Karakter Peserta Didik Baru

MOJOKERTO, DORRONLINENEWS.COM – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal budaya sekolah. MPLS dilaksanakan selama tiga hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran pada hari sekolah dan jam pelajaran.

Mengawali tahun pelajaran baru 2024/2025 SMK Negeri 1 Jetis dibuka dengan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang dimulai dari tanggal 15 Juli sampai dengan 17 Juli 2024. Kegiatan MPLS ini dibuka dan ditutup oleh Drs Ladi MM selaku Kepala Sekolah.

Sebagai informasi bahwa proses dan tahapan pengenalan sekolah pada ajaran tahun 2024 – 2025 mengalami sedikit perubahan, mulai dari istilah yang sebelumnya adalah Masa Orientasi Siswa (MOS) dan sekarang berubah menjadi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Hal tersebut disampaikan oleh Drs. Ladi M.M., bertindak selaku Kepala Sekolah SMKN 1 Jetis, “Dari kedua nama tersebut sebenarnya sama saja karena mempunyai tujuan dan maksud yang sama, yaitu mengenal lebih jauh bagaimana karakteristik sekolah tersebut. MPLS bukan ajang perpeloncoan atau yang lebih sering dikenal BULLYING,”ungkapnya.

Lanjut Ladi, MPLS adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal budaya sekolah. menumbuhkan rasa kekeluargaan bagi seluruh siswa siswi sekolah.

“MPLS harus menjadi sarana bagi siswa untuk secara positif mengenal profil lingkungan sekolah, program dan peraturan serta budaya sekolah agar kegiatan belajar dan mengajar dapat berjalan baik,” harapnya.

Kegiatan MPLS di SMKN 1 JETIS dilibatkan oleh guru-guru dan dibantu oleh pengurus OSIS agar kegiatan MPLS berjalan lancar, efektif dan kondusif.

Lebih dalam Ladi memperjelas bahwa, “Tujuan diadakan MPLS diantaranya memperkenalkan siswa pada lingkungan sekolah yang baru, memperkenalkan siswa pada seluruh komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya, serta menanamkan berbagai wawasan dasar siswa sebelum memasuki kegiatan pembelajaran secara formal di kelas,” ucap Drs. Ladi M.M., mengakhiri sambutannya.

Sementara itu, Pemateri MPLS terdiri dari Kepala Sekolah beserta Wakil Kepala Sekolah, Guru pengajar, Pembina Eskul dan dibantu pengurus OSIS.

Seluruh calon peserta didik baru sangat antusias mengikuti kegiatan MPLS di SMK Negeri 1 JETIS, terlihat mereka mulai dari awal hingga akhir mengikuti dengan baik acara yang telah tersusun.

“Kegiatan MPLS di SMKN 1 sangat menarik, karena informasi-informasi yang disampaikan tidak membuat kita bosan ditambah tiap materi yang disampaikan banyak hadiah yang diberikan itu yang membuat kita makin semangat, ”Ujar salah satu calon peserta didik baru dari jurusan TKJ.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap peserta MPLS, sekolah memberikan hadiah kepada Siswa-Siswi yang berprestasi selama pelaksanaan kegiatan MPLS. Hadiah diberikan seusai upacara penutupan kegiatan MPLS.

Upacara penutupan MPLS ini menjadi pertanda bahwa peserta MPLS sudah resmi sebagai siswa di SMK Negeri 1 Jetis, kemudian dilanjutkan dengan Do’a bersama sebagai pertanda bahwa mereka sudah resmi dan siap diterima menjadi Siswa dan siswi di SMK Negeri 1 Jetis, Kabupaten Mojokerto.(tyo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close