Peristiwa

KPU Kabupaten Lumajang Gelar Sosialisasi Pencalonan Kepala Daerah dalam Pemilihan Serentak Tahun 2024

LUMAJANG, DORRONLINENEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Lumajang menggelar acara sosialisasi pencalonan kepala daerah dalam rangka pemilihan serentak tahun 2024. Acara yang diadakan di Aula KPU ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk perwakilan partai politik, Dinas OPD, Instansi, LO, Media, Kodim dan Polres yang mewakili, Senin (15/07/2024).

Ketua KPU Kabupaten Lumajang, Henariza Febriatmadja S Sos didampingi Wiwit Tri Prasetiyo S Pt Divisi Teknis Penyelenggaraan, Amin Shobari SH MH Divisi Hukum Dan Pengawasan, Abu Kusaeri SE Divisi Perencanaan, Data & Informasi, dan Halim Bahriz Divisi Sosdiklih & SDM, beserta Andi Tri Prawono SH Sekretaris KPU kabupaten Lumajang. Dalam sambutannya Febri (panggilan akrab) menyampaikan, sebagaimana diatur PKPU nomor 2 tahun 2024 tentang tahapan dan jadwal pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota tahun 2024.

“Alhamdulillah, pada hari ini satu bulan setelah pasca dilantik oleh KPU RI, ada lima anggota KPU semuanya wajah baru. Jadi mohon sumbangsih informasi saran dan kritik bisa langsung karena saran panjenengan ini sangat membantu KPU Lumajang. Dimana tak lama lagi kita akan menghadapi pemilihan umum, khususnya tahapan sudah mulai mendekat yaitu di bulan Agustus. Bulan ini sosialisasi bulan depan pasti ada bakal calon, kirab dan sebagainya. Mohon dukungan seluruh OPD terkait, dan akan disegerakan rapat koordinasi, jadi jadwal pasti kita sampaikan”, ujar Febri.

Ditambahkan Febri, bahwa hari ini dilaksanakan sosialisasi pencalonan kepala daerah dalam pemilihan serentak tahun 2024 dimulai. Dan selanjutnya sambutan dari Bawaslu kabupaten Lumajang Siti Mudawiyah, dirinya mengatakan bahwa hari ini yang diundang ada beberapa elemen. Ada dari 18 parpol pada pemilu kemarin yang sudah ditetapkan, ada rekan-rekan media. “Kebetulan saya dulu mantan divisi teknis di KPU, saya di Bawaslupun kaitan dengan pencalonan, saya kebetulan di divisi hukum dan penyelesaian sengketa. Jadi InsyaAllah dalam tahapan pencalonan kedepan kita akan mengawal jalannya proses tahapan pencalonan ini supaya sesuai dengan mekanisme dan regulasi yang telah diatur”, ungkap Mudawiyah.

Kegiatan berlangsung dengan tertib berkaitan dengan sosialisasi tahapan pilkada, karena pentingnya sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman yang komprehensif kepada seluruh pihak terkait mekanisme dan persyaratan pencalonan. Dengan harapan melalui sosialisasi ini, semua pihak dapat memahami dengan baik proses pencalonan sesuai keputusan KPU nomor 881 tahun 2022 tentang pedoman teknis tahapan dan juga dapat mengikuti tahapan-tahapan yang telah ditetapkan secara tertib dan sesuai aturan.

Dalam sosialisasi tersebut, dibahas berbagai aspek terkait pencalonan, mulai dari persyaratan administrasi, tahapan verifikasi, hingga mekanisme kampanye. Para peserta juga diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan berdiskusi langsung dengan narasumber dari KPU. Selain itu, KPU Kabupaten Lumajang juga menekankan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam pemilihan serentak tahun 2024. (Jwo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close