Peristiwa

Kenang Perjuangan Para Kades Terdahulu, Pemdes Metatu Beri Cinderamata dan Kirab Napak Tilas Desa dalam Sedekah Bumi

Foto : Kegiatan Sedekah Bumi di Desa Metatu Kecamatan Benjeng, Kamis (18/7/2024).

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Pemerintah Desa Metatu Kecamatan Benjeng – Gresik menggelar sedekah bumi dengan memberikan Piagam Penghormatan kepada mantan Kepala Desa sebelumnga dan melakukan Kirab Napak Tilas Desa.

Ketua Panitia, Hadi Setiawan mengatakan, Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak lupa dengan pejuang dan para pendahulunya, begitu pula yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Metatu yang mengadakan sedekah Bumi Desa pasa 16 sampai 17 Juli 2024.

Kegiatan dimulai dengan kegiatan Doa bersama Pemerintah Desa dengan Lembaga Desa serta Tokoh Masyarakat. Kemudian dilanjutkan Khotmil Qur’an, Tabur Bunga dimakam Kades Terdahulu, Kirap Napak Tilas dan ditutup dengan kegiatan Manaqib, Dzikir dan Doa bersama Pemerintah Desa dengan Masyarakat Desa.

Kegiatan digelar di Pendopo Balai Desa Metatu. Dan ditutup dengan iring-iringan Gunungan tumpeng dari tiga Dusun, yaitu Disun Purworejo, Dusun Metatu, Dusun Medangan.

Ketua Panitia, Hadi Setiawan menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan sedekah bumi ini selain wujud syukur kehadirat sang pencipta, tapi juga refleksi atas cita cita pendiri, pejuang Desa dan Kepala Desa Sebelumnya.

Oleh karena itu, kegiatan yang baik untuk terus diteruskan, dikembangkan oleh generasi sekarang dan masa depan.

“Kita juga mengenang Jasa serta mendoakan Desa, Masyarakat baik generasi terdahulu, sekarang dan masa depan. Semoga napak tilas, serta kirab ini bisa dimeriahkan dan lebih baik pada tahun berikutnya,” kata Hadi Setiawan, Rabu (18/7/2024).

Kegiatan juga memberikan Cinderamata, ucapan Penghargaan kepada beberapa Kades Sebelumnya, Yakni Kromo Teko, Random, H. Sulaiman, Nurul Ajakin yang diterima keluarganya. Kemudian H. Mad. Daroem Effendi, H. Agus Salim, Nur Hudi DA, S.Pd.

Sementara Kepala Desa Metatu Kecamatan Benjeng Diana Eviana, S. S. M. media. Kom mengatakan, kegiatan sedekah bumi dan Kirab Napak Tilas Desa merupakan wujud terimakasih atas dedikasi dan perjuangan para tokoh dalam membangun desa.

“Ini merupakan wujud terimakasih atas dedikasi dan perjuangan para tokoh desa terutama para Kepala Desa terdahulu dalam membangun Desa,” kata Diana Eviana, S. S. M. media. Kom.

Selain itu, Kades Diana juga berharap dan berterimakasih atas antusias warga yang mengikuti serangkaian dan partisipasi dalam acara sedekah bumi Desa Metatu.

“Dengan kerukunan dan kebersamaan yang terbangun lewat kegiatan Kirab Napak Tilas Desa, ini menjadi semangat Pemerintah Desa, Lembaga Desa dan Masyarakat dalam membangun dan memajukan Desa,” kayanya.

Dari kegiatan tersebut, Kades Diana juga mengatakan, bahwa kegiatan sedekah bumi dan anak tilas perjuangan desa bisa memberikan motivasi kepada seluruh masyarakat Desa Metatu.

“Semoga semangat warga dan refleksi jasa Pejuang Desa dan Kepala Desa priode Priode sebelumnya memacu kebersamaan dalam memajukan Dusun dan Desa dan nati malam kita berdoa bersama untuk Desa dan Masyarakat kita demi kebaikan semuanya,” pungkasnya. (Ono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close