Peristiwa

Jaga Marwah Pencak Silat Bakesbangpol Magetan Memberi Himbauan Sing Akur Kabeh Sedulur

MAGETAN, DORRONLINENEWS.COM – Pemkab Magetan menggelar rapat koordinasi (rakor) yang melibatkan Forkopimda, KONI, serta para ketua atau pengurus perguruan pencak silat yang tergabung dalam Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Magetan.

Komitmen bersama berwujud Aman Suro ini direalisasi mengantisipasi dan mewaspadai adanya potensi konflik sosial saat Muharram.
Diharapkan kita semua dapat mengantisipasi potensi konflik internal di perguruan atau organisasi pencak silat yang ada di kabupaten magetan, sehingga Magetan tetap kondusif dan damai,’’ ujar Pj Bupati Magetan Hergunadi.
Komitmen Pj bupati senada dengan visi Plh. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Magetan Benny Adrian.

Dia mengungkapkan, kerjasama antara semua pihak sangat penting dalam menjaga kamtibmas selama Muharram.

Disampaikan pula pada masing-masing anggota perguruan untuk menghindari tindakan yang dapat memicu konflik, seperti konvoi kendaraan dan minuman keras.

‘’Rakor ini juga memetakan seluruh potensi kerawanan dan perkembangan situasi, dengan deteksi dini dan cegah dini yang melibatkan peran serta intelijen,” paparnya.
Sebagai langkah preventif untuk menjaga kondusivitas, pemkab meminta kepada perguruan pencak silat untuk berkoordinasi dengan aparat dan instansi terkait dalam menggelar agenda pengesahan.
Selain itu, ketua dan pengurus perguruan pencak silat juga diharapkan proaktif mendukung terciptanya situasi kondusif.

Jika ada anggota perguruan yang melanggar kamtibmas karena masalah pribadi, maka tidak boleh dikaitkan dengan perguruan pencak silat.

Pemkab juga menekankan kepada perguruan untuk tidak menyebarkan hoaks dan provokasi. ‘’Jika dapat dijalankan dengan baik, saya yakin Magetan kondusif. Sesuai dengan semboyan Seng Akur Kabeh Sedulur,” pungkasnya. (R_win)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close