Peristiwa

Wedang Mojo Terbuat Dari Buah Mojo Menjadi Minuman Khas Desa Mojotengah

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Banyaknya Buah Mojo yang berada di Desa Mojotengah Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik membuat Suharsono selaku Kepala Desa (Kades) Mojotengah memiliki ide kreatif untuk menjadikannya sebuah minuman khas Desa Mojotengah yakni Wedang Mojo.

“Untuk memanfaatkan buah mojo yang ada di Desa Mojotengah kami jajaran pemerintahan Desa (Pemdes) Mojotengah mengadakan sebuah Lomba untuk masyarakat yang memiliki keinginan untuk menjadikan buah Mojo ini sebagai sebuah minuman”, ungkap kades Mojotengah Suharsono kepada media, Minggu (02/06/2024) dikantornya.

Suharsono menyampaikan bahwa dengan menjadikan buah Mojo ini sebagai minuman yakni dengan nama “Wedang Mojo” nantinya para peserta yang Juara dalam membuat minuman tersebut akan kita jadikan minuman khas di wisata yang rencananya akan kami buat bersama Bumdes dan Pokdarwis itu pun tak lepas dari ijin dari pemerintah baik NIB, ijin Halal maupun BPOM agar nantinya minuman yang di produksi maupun disajikan aman dikonsumsi, tandasnya.

Amelia salah satu kelompok dan peserta Lomba pembuat Wedang Mojo menjelaskan cara pembuatan minuman dari buah mojo tersebut yang mana buah mojo di belah untuk diambil isinya kemudian di haluskan lalu disaring beberapa kali hingga busanya hilang, jelasnya.

“Ketika mengambil isi dari buah mojo tersebut usahakan jangan sampai terkena getahnya”, tegasnya.

Setelah disaring hingga busanya hilang baru dilanjutkan proses selanjutnya yakni direbus hingga mendidih dan ketika direbus masih ada busa yang keluar maka harus disaring lagi hingga tidak ada ampasnya.

Jika semua proses sudah dilakukan dan pada saat direbus sudah tidak muncul busanya kita tinggal mencampurkan rasa yang diinginkan dan kita tunggu sampai mendidih lalu siap untuk disajikan.

Amelia juga sedikit menjelaskan untuk buah Mojo yang ingin dijadikan wedang Mojo ada perbedaan antara buah mojo yang tingkat kematangannya, jika buah mojo matang maka rasa dari wedang tersebut tidak ada rasa asamnya namun terasa manis tapi jika buah mojo masih muda dan belum matang maka rasa wedang akan terasa asam, ungkapnya. (Wan)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close