Peristiwa

FKH Unair Laksanakan Pelatihan Budidaya Ternak Kambing PE, di Desa Bulurejo

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Dalam rangka pengabdian masyarakat Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Unair laksanakan Pelatihan Budidaya Peternakan Kambing PE di Kantor Desa Bulurejo Pada hari Sabtu, (08/06/2024).

Pelatihan tersebut dihadiri oleh Kepala Desa (Kades) Bulurejo Imam Shofwan MZ, S.sos., bersama moderator dari prof. Dr. Budi Utomo, Drh., Msi., berserta segenap peserta pelatihan budidaya ternak warga masyarakat Desa Bulurejo, Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik.

Pelatihan Budidaya Ternak Kambing Peranakan Etawa (PE) ini ditujukan bagi Peserta pelatihan ternak yang ada di Desa Bulurejo pelatihan yang di danai dari sumber Dana Desa tersebut juga sebagai upaya mewujudkan ketahanan pangan hewani.

Para peserta dibekali pengetahuan materi tentang cara merawat dan mengetahui penyakit-penyakit ataupun cara menanggulangi hewan ternak kambing PE secara gamblang.

Kegiatan ini diharapkan peran serta aktif peserta bisa secara langsung menanyakan permasalahan-permasalahan dalam beternak kambing kepada praktisi dan pemilik kelompok. Para peternak kambing juga diajari cara mencacah dan pembuatan bahan makanan ternak dengan choper agar bisa tau cara pembuatan pakan yang baik supaya dapat membantu perkembangan ternak yang dimiliki, selain itu bahan bahan pembuatan pakan mudah ditemui disekitar.

Harapan dari pelatihan ini para peserta bisa mempraktekan ilmu yang didapatkan dalam beternak khususnya pada peternak kambing PE.

Sementara itu menurut pengakuan Iwan panggilan akrab Kades Bulurejo terhadap awak media Dorronlinenews.com mengaku bahwa,”Kegiatan ini sangat baik dan bermanfaat bagi warga masyarakat atau para peternak khususnya kambing Peranakan Etawa di Desa Bulurejo”.

“Harapan saya, setelah dilakukan pelatihan tersebut warga masyarakat desa Bulurejo bisa menyerap dan menindaklanjuti untuk dipraktekkan sampai sukses,”harapnya.

Sebelum mengakhiri percakapannya ia juga mengucapkan,” tak lupa saya ucapkan banyak terimakasih terhadap pihak Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Unair prof. Dr. Budi Utomo, Drh., Msi, yang telah memberikan banyak ilmu bermanfaat bagi warga masyarakat peternak kambing PE didesa Bulurejo,”pungkasnya.

Secara kondisional kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan tertib. (tyo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close