Peristiwa

ODGJ Berulah Di Warkop, Diamankan Satpol PP

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Kerap bikin onar di warung kopi (warkop),  seorang ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) diamankan  petugas Satpol PP Pemkab Gresik, Selasa (21/5). Setelah koordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos), ODGJ itu akhirnya  dibawa ke RS Menur untuk menjalani perawatan.

Setelah dilakukan investigasi diketahui ODGJ itu bernama Suyuti, Warga  Desa Randuagung, Kecamatan Kebomas Gresik. ODGJ itu diamankan karena kerap bikin onar di warkop Cangkir, Pasar Senggol Jalan Arif Rahman Hakim. Tidak hanya mengebrak meja membuat konsumen takut, penjaga warkop itu bahkan disiram kopi sampai basah kuyup. Tanpa diduga, tiba-tiba kopi susu yang belum diminumnya itu langsung disiramkan.

Sebenarnya, ODGJ itu sudah cukup  lama biasa ngopi di Warkop Cangkir,   bahkan tiap hari. Saat datang biasanya duduk tenang dan tidak banyak pola. Bagi yang tidak tahu, dipikir orang sehat dan tidak punya gangguan jiwa.  Sebab, melihat dari penampilannya selalu menarik dan gonta ganti baju baru. Bahkan kaca mata hitam selalu melekat di wajahnya.

Namun, seminggu belakangan ini terlihat berubah sikap. Biasanya yang tenang kerap marah-marah dan mengebrak – ngebrak meja. Ketika masuk ke dalam kamar, dan ditegur malah  marah-marah dengan tatapan mata menakutkan.”Diam kamu jangan banyak omong,” ujarnya dengan kata membentak.

Puncaknya  terjadi Selasa kemarin. Selain hendak mengejar salah seorang  perempuan, ODGJ itu menyiram kopi susu penjaga  warkop sampai membuat pendengarannya terganggu tersumbat letek kopi. Ketika  penjaga  warkop itu  enak mainan HP, dari arah samping tiba-tiba langsung  disiram kopi.

Sementara, Alfi Arianto, Kasi Rehabilitasi Tuna Sosial pada Dinsos Pemkab Gresik menjelaskan, setelah dieksukusi dari warkop  ODGJ itu langsung dibawa ke RS Menur. Dan itu sudah atas persetujuan pihak keluarga.”Perawatan itu kemungkinan sampai tiga mingguan. Tergantung tingkat ganguan mentalnya. Kalau sudah sembuh akan kita kembalikan  ke keluarganya ” ujar Alfi yang sudah hampir 8 tahun ngurusi ODGJ ini.

Dugaan sementara,  ODGJ itu stres karena di PHK dari tempat kerjanya PT. Iglas dan ditinggal istrinya.”Soalnya kalau tidak kita amankan akan terus membuat resah. Ini sudah menjadi tugas kami yang tiap hari harus berurusan dengan  ODGJ. Ditampar dan diludahi sudah biasa,” tutur lelaki 48 tahun ‘penakluk’  ODGJ ini. (Ono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close