Peristiwa

Semarak Festival Takbir Keliling Desa Sumberdadi, Sambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H

LAMONGAN, DORRONLINENEWS.COM – Marhaban ya Ramadhan, Takbir keliling adalah sebuah tradisi umat Islam diakhir Ramadhan dalam menyambut Syawal. Dilaksanakan 1 syawal (malam) dengan berkeliling kampung, desa maupun kota.

Hal tersebut dilakukan oleh warga masyarakat Desa Sumberdadi, Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan dan di lepaskan oleh Kades sugiono langsung dengan di mulai Start dari Balai Desa Sumberdadi mulai pukul 19.30 Wib, menuju Masjid Al – Ikhlas Dusun Kedungsumber Desa Sumberdadi yang kebetulan di depan rumah Kades Sugiono. Selasa, (09/04/2024).

Tidak hanya untuk meramaikan malam takbir Idul Fitri 1445 Hijriah, tetapi juga menjalin kerukunan masyarakat dan memberikan edukasi kepada generasi muda betapa pentingnya menggemakan takbir di malam kemenangan.

Selain meramaikan suasana malam Idul Fitri 1445 Hijriah/ 2024 Masehi kegiatan ini juga sebagai edukasi kepada generasi muda di Desa Sumberdadi, dan sekedar informasi bahwa pawai takbir ini mengangkat tema “Menjalin Kerukunan Dalam Masyarakat”.

Saat di temui awak media Kades Sugiono mengatakan bahwa, “Festival takbir keliling ini diikuti ribuan peserta oleh tujuh ( 7 ) TPQ, satu ( 1 ) TPA, Nahdatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah jadi satu dan perwakilan dari 6 dusun yang ada di Desa Sumberdadi,” terangnya.

Masih kades Sugiono,”Kegiatan takbir keliling ini sudah menjadi agenda tahunan yang mana untuk pawai takbir tahun ini kami menyediakan berbagai hadiah Doorprize dan 2 ekor kambing serta ratusan hadiah hiburan,” ungkapnya.

Seiring dengan hal itu, Abah Nono Panggilan akrabnya Kades Sumberdadi juga berharap warganya menyambut perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/ 2024 ini bisa berlangsung meriah dan penuh dengan kegembiraan.

“Mari kita sambut Hari Raya Idul Fitri tahun ini penuh dengan kemeriahan dan kegembiraan,” tambahnya.

Mobil hias mewarnai festival pawai takbir keliling yang dipasang perangkat pengeras suara (sound sistem) dan sesuai kreativitas masing-masing dengan lagu yang bertema Lebaran.

Sementara Camat Mantup Suwanto Sastrodiharjo dalam sambutannya mengakui bahwa di masa kepemimpinan Kades Sugiono Desa Sumberdadi sangat luar biasa dan patut di apresiasi, karena Sumberdadi merupakan desa yang masyarakatnya guyup dan rukun.

Hal tersebut bisa dilihat dari antusias warga Se desa Sumberdadi yang luar biasa, Sehingga kegiatan Festival Takbir Keliling tiap tahun diadakan ini berjalan dengan sukses dan begitu meriah, “ungkapnya.

“Tetaplah selalu menjaga kerukunan antar sesama warga agar kegiatan takbir keliling seperti ini bisa terus dilaksanakan dari tahun ketahun dan dibawah kepemimpinan pak kades Sugiono ini pasti masyarakat desa sumberdadi hidupnya makmur,” ujar camat.

“Saya Camat Mantup bersama seluruh jajaran Muspika Kecamatan Mantup mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1445 H/2024 “Mohon Maaf Lahir dan Batin” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Jajaran Muspika Kecamatan Mantup (Camat Suwanto sastrodiharjo,S.STP.MM., Kapolsek AKP M.Kosim,S.H.,Danramil Kapten Kav Nur Chodjim), Banser, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan ribuan peserta Festival Takbir Keliling.(tyo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close