Peristiwa

Kepala BNPB Pusat Bersama PJ Gubernur Jatim Sambang Warga Terdampak Gempa Bawean

Tf : Kepala BNPB Pusat Bersama PJ Gubernur Jatim dan Bupati Gresik Sambang Warga Terdampak Gempa Bawean

GRESIK, DORRONLINENEWS.BN News – Hari ini, Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto, S.Sos., M.M., bersama Adhy Karyono Pejabat (Pj) Gubernur Jawa Timur dan Bupati Gus Yani melakukan kunjungan kerja ke Desa Suwari, menyaksikan secara langsung warga terdampak gempa serta memberikan bantuan, Minggu (24/03/2024).

Data sementara kerusakan gempa yang dihimpun oleh Kalaksa BPBD Kabupaten Gresik, yaitu rumah rusak ringan 2.972, rusak sedang 1.286 dan rusak berat 820. Tempat ibadah rusak ringan 143, rusak sedang 10 dan rusak berat 11, serta beberapa fasum kantor dan sekolah yang mengalami kerusakan.

Dalam sambutannya, Letnan Jenderal TNI Suharyanto menyampaikan turut prihatin terhadap kondisi masyarakat Bawean dan semua rumah yang terdampak akan mendapatkan bantuan. Rusak berat 60 juta, sedang 30 juta dan ringan 16 juta. “Masyarakat harap tenang dan jangan panik,” pintanya.

Sementara itu Bupati Gus Yani mengatakan, Pemerintah Pusat, Provinsi dan Daerah akan berkolaborasi dalam penanganan gempa di Bawean. ‘Masyarakat jangan tertipu oleh berita-berita hoaks, tidak boleh panik, tetap tenang, karena gempa susulan intensitasnya kecil, Insya Allah kondisinya aman,” tandasnya.

Kondisi saat ini sebagian besar warga Bawean, baik yang di Kecamatan Tambak maupun Kecamatan Sangkapura masih ketakutan/trauma. Mereka takut masak, kalau malam tidurnya di tenda juga ada yang di depan rumah masing-masing.

Di tempat yang sama, anggota Forum Zakat Daerah dan Nurul Hayat (NH) Gresik turut prihatin atas musibah ini. “Insya Allah akan memberikan support, baik berupa fisik maupun logistik kebutuhan makanan. Tentu dengan melihat situasi dan kondisi di lapangan. Semua terdata agar masyarakat bisa adil dalam mendapatkan bantuan,” ungkap Sholikhul Amin, Kepala NH Gresik sekaligus Ketua Forum Zakat Daerah Gresik ini. (ono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close