Peristiwa

Kasus Demam Berdarah di Trenggalek Meningkat Drastis

Teks foto : Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Trenggalek, Sunarto

TRENGGALEK, DORRONLINENEWS.COM. – Kasus demam berdarah di musim penghujan tahun ini masih tinggi. Total selama tiga bulan di 2024 kasus DB di Kabupaten Trenggalek menyentuh angka dua ratusan.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Trenggalek, Sunarto mengungkapkan bahwa di tahun 2023 lalu tiga bulan awal hanya terjadi 34 kasus.

Memang cukup terjadi peningkatan per bulan. Dari bulan Januari ada 56 kasus, lalu Februari ada 108 kasus lalu sampai bulan Maret sekarang ada 60 kasus,” ujar Sunarto kepada awak media ini.

Ia mengaku untuk sebaran kasus ini terbanyak di daerah wilayah Puskesmas Karangan dan wilayah Puskesmas Pogalan Serta Puskesmas Ngulan Kulon yang masih dalam satu kecamatan Pogalan. Sunarto menjelaskan beberapa pengaruh masih banyak kasus DB karena siklus 5 tahunan. Dimana disitu perkembangbiakan dari nyamuk Aedes aegypti cukup tinggi.

Terbukti di bulan Januari Februari Maret ini kasus kasus masih ada. Kedua, dikatakannya adalah faktor kebersihan. Kebersihan di rumah-rumah angka bebas jentik di masyarakat masih cukup belum optimal. Seharusnya di semua rumah tidak ada jentik baik di penampungan air maupun sumber air lainnya.
Ketika ada jentik ada sumber penularan penyakit. Oleh karena itu kita melakukan PSN Pemberantasan Sarang Nyamuk. Yaitu dengan menguras satu minggu sekali, menutup tempat-tempat penampungan air,” tambahnya.

Sunarto melanjutkan cara efektif mengurangi pertumbuhan jentik nyamuk dengan mengubur barang-barang bekas yang tidak digunakan. Serta melakukan abatisasi selektif, sehingga selain tempat tempat yanga tidak bisa dikuras bisa diberikan abate.

Kalau ditemukan fokus ada 2 kasus, itu dilakukan fogging fokus. Hanya dilakukan untuk membasmi nyamuk dewasa, sekarang secara umum nyamuk nyamuk masih jentik-jentik,” tandasnya.(R_win)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close