Peristiwa

Bangga, 473 Orang Tua Hebat Di Wisuda Dari SOTH Kecamatan Bungah

Tf : 473 Orang Tua Hebat Di Wisuda Dari SOTH oleh Wabup Gresik

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Belajar tidak hanya milik mereka yang masih muda. Seperti halnya yang dilakukan 473 orang tua yang telah menempuh pendidikan di Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) Kecamatan Bungah, Rabu (06/03).

Para orang tua tersebut, menempuh pendidikan di SOTH, yakni sekolah informal yang diinisiasi Pemerintah Kabupaten Gresik melalui Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Dinas KBPPPA) bekerja sama dengan PKK dan kecamatan.

Sebagai informasi, SOTH adalah sebuah sarana pendidikan informal yang diinisiasi pada tiap-tiap kecamatan di Kabupaten Gresik. Peserta didiknya, berasal dari para orang tua di kecamatan tersebut dengan jangkauan hingga ke tingkat RT/RW. SOTH ini utamanya ditujukan untuk memperbaiki pola asuh orang tua terhadap anaknya.

Sekolah yang konsepnya diinisiasi oleh BKKBN bekerja sama dengan Pemerintah Daerah ini digelar sebagai jawaban atas berbagai permasalahan sosial dan kesehatan di dearah, salah satunya stunting di Kabupaten Gresik.

Walaupun bersifat informal, namun sekolah ini tetap memiliki materi-materi pakem untuk diajarkan pada peserta didik. Melalui SOTH ini, orang tua sebagai peserta didik diberikan pemahaman pentingnya membangun komunikasi yang baik antara orang tua dan anak sesuai ilmu dan pengetahuan yang benar.

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah yang hadir pada Wisuda Ke-I SOTH Kecamatan Bungah menyampaikan, program SOTH yang ada di Kabupaten Gresik melalui Dinas KBPPPA ini diharapkan bisa melahirkan orang tua yang dapat mendidik anak-anaknya di rumah masing-masing.

“Setiap hari kita bertemu anak-anak kita, juga merupakan pendidikan bagi anak tersebut. Pendidikan semacam ini bagi anak kerap menjadi pijakan, dan ini tidak berhenti sampai orang tua meninggal,” ungkap Wabup.

Terkait stunting, Wabup juga berharap besar agar para orang tua wisudawan SOTH ini bisa benar-benar menerapkan ilmu yang sudah diterima untuk memastikan anak-anaknya tidak stunting.

“Mengenai stunting ini sudah ada materinya di SOTH, jadi saya harap ini bisa makin menekan angka stunting di Kabupaten Gresik sekaligus mempersiapkan generasi emas untuk menyongsong Indonesia emas tahun 2045,” tegasnya.

Tampak hadir bersama Wabup, Camat Kecamatan Bungah Izzul Muttaqin dan Forkopimcam Bungah, Kepala Bidang Keluarga Sejahtera dan Advokasi Dinas KBPPPA Ahmad Dharief Dahlawy, serta Kepala Desa dan Ketua TP PKK se Kecamatan Bungah. (nnd)

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan
Sekretariat Daerah Kabupaten Gresik
**

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close