Wisata

Pemdes Kawistolegi Gandeng Pokdarwis, Kembangkan Desa Melalui Edukasi Wisata, Ini Harapan Kades Muhadji

Tf : Pemdes Kawistolegi Gandeng Pokdarwis, Kembangkan Desa Melalui Edukasi Wisata

LAMONGAN, DORRONLINENEWS.COM – Pemerintah Desa Kawistolegi, Kecamatan Karangbinangun, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur (Jatim) mengembangkan Kawasan Ekonomi Desa berupa wisata desa yang berada di sebuah Bantaran Air Sungai, yang diberi nama Bengawan Cinta Kawistolegi (BCK)

Adanya pembagunan edukasi wisata tersebut guna meningkatkan perekonomian masyarakat Desa selain bertani juga untuk mengembangkan perputaran (Usaha Mikro Kecil Menengah) UMKM yang berada di Desa Kawistolegi.

Hal tersebut disampaikan oleh Muhadji kepada awak media Dorronlinenews.com di tempat kerjanya kantor desa Kawistolegi. Jum’ at, (09/02/2024)

“Bengawan Cinta Kawisto yang rencananya akan menjadi pusat aktivitas warga khususnya untuk berwisata dengan dilengkapi sedikitnya 3 gazebo, gadan perahu, guna mengitari waduk termasuk ada 10 warung termasuk Warkop BUMDES Desa Kawistolegi dan pada 27 Januari 2024 kemarin di laksanakan senam sehat dan peresmian Musholla oleh Anggota DPR RI Komisi X Prof. Dr. Zainudin Maliki, M.,Si,” ungkap kepala Desa Kawistolegi Muhadji.

Lanjut Muhadji, “Dengan adanya Bengawan Cinta Kawisto yang dikelola Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Kawistolegi ini semoga untuk kedepannya menjadi Kawasan Edukasi Wisata favorit secara umum, mulai dari anak anak, remaja dan orang tua yang tentunya guna meningkatkan Ekonomi Desa Kawistolegi,” harapnya.

Selain itu, Kades Muhadji menyatakan, nilai investasi awal pengembangan berasal dari bantuan keuangan Pemerintah Kabupaten Lamongan dan digunakan untuk menata dan membangun Kawasan Edukasi wisata dan pengadaan gazebo termasuk membangun 10 stand warung serta membangun taman.

“Pemdes Kawistolegi bersama Pokdarwis tengah mencoba untuk mendesain site plain Kawasan wisata Ini secara keseluruhan sehingga 3 lahan bisa cukup untuk pengembangan wisata berbasis alam tersebut”.

“Yang jelas pengembangan wisata ini bertujuan menambah daya Tarik Wisata Bengawan Cinta Kawistolegi serta membuat perputaran ekonomi di wilayahnya,” tandasnya

Kemajuan pembangunan yang ada di Desa Kawistolegi mendapat acungan jempol dari beberapa tokoh masyarakat, seperti pengakuan dari salah satu warga berinisial ‘RN’ (41) saat awak media bertemu di lokasi Wisata BCK desa Kawistolegi, mereka menyampaikan bahwa kemajuan Desa Kawistolegi sangat luar biasa sejak dipimpin oleh Pak Muhadji, dan kemajuan itu sangat dirasakan oleh masyarakat Desa Kawistolegi pada umumnya,” ujarnya.

Lebih lanjut ‘RN’ membeberkan, “Kemajuan Desa Kawistolegi sejak kepemimpinan Pak Muhadji yang begitu banyak diterima manfaatnya oleh warga Desa sini membuat warga merasa diperhatikan, yang tak kalah penting pembangunan Edukasi Wisata BCK ini”.

Hal yang sangat menyentuh masyarakat menurut RN adalah,” Sebagai seorang pemimpin Pak Muhadji saat menjadi Kepala Desa Kawistolegi adalah beliau merupakan sosok yang sangat bersahaja dengan penampilan yang sangat sederhana, lemah lembut tutur katanya, rendah hati, ringan tangan, mereka sangat peduli dengan kesulitan rakyatnya, tidak sombong, sangat disiplin dan selalu memberikan contoh yang baik kepada masyarakat, dan beliau sebentar lagi mau naik haji lho mas,! “bebernya kepada awak media.

Keteladanan yang dicerminkan oleh kades Muhadji, selama menjabat sebagai Kepala Desa, membuat masyarakat Desa Kawistolegi menaruh simpati yang amat dalam, hal itu terlihat dari kedekatan hubungan kades dengan masyarakat disaat ada kegiatan, Kepala Desa selalu berbaur dengan masyarakat.

“Meskipun Kedes telah sukses membawa Desa Kawistolegi maju dengan begitu pesatnya, tetapi disana sini masih banyak kekurangan, dan itu wajar karena tidak ada manusia yang sempurna,” celetuk salah satu warga diakhir komentarnya. (tio)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close