Peristiwa

Danlanal Tegal Resmikan Gapura Monumen Perjuangan TNI AL Wana Samudera Kalibakung

Tf : Danlanal Tegal Resmikan Gapura Monumen Perjuangan TNI AL Wana Samudera Kalibakung

TEGAL, DORRONLINENEWS.COM – Selain dikenal dengan wisata pantai dan pegunungan, Kabupaten Tegal juga dikenal dengan wisata edukasi dan religi salah satunya adalah Makam Para Syuhada dan Pejuang ALRI Komplek Monumen Perjuangan TNI AL Wana Samudera Kalibakung. Untuk mengembangkan destinasi wisata tersebut, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Tegal Letkol Laut (P) Adi Surono, S.T., M. T., M. Tr. Hanla., CTMP., meresmikan Gapura Monumen Perjuangan TNI AL Wana Samudera Kalibakung yang terletak di Desa Kalibakung, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal. (27/02/2024)

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita secara simbolis oleh Danlanal Tegal Bersama Ketua Cabang 7 Korcab V DJA II Ny. Fifin Adi Surono didampingi Pejabat Forkopimda Kabupaten Tegal.

Usai kegiatan Peresmian Gapura dilanjutkan dengan penanaman bibit pohon kelengkeng di lahan seluas 1,7 hektar dan penaburan bibit ikan Nila di kolam yang berada di samping monumen tersebut. Di komplek monumen terdapat Makam Para Syuhada dan Pejuang ALRI yang bisa dijadikan sebagai wisata religi, terdapat juga pepohonan serta tanaman jamu yang sengaja dibudidayakan untuk tempat rekreasi dan edukasi.

Di sela-sela kegiatan Danlanal Tegal menyampaikan bahwa “peresmian gapura ini merupakan tindak lanjut dari pengembangan destinasi wisata edukasi sejarah Monumen Perjuangan TNI AL Wana Samudera Kalibakung. Monumen ini memiliki nilai historis yang tinggi karena merupakan cikal bakal Pendidikan Opsir Angkatan Laut, oleh karena itu kita percantik dengan membangun akses jalan dan pembangunan gerbang monumen. Banyak pahlawan dan tokoh nasional yang lahir di tempat ini, diantaranya Komodor Yos Soedarso, Laksamana RE. Martadinata, Laksamana Soedomo dan Letjen Marinir Ali Sadikin, oleh karena itu kita wajib menjaga dan merawat tempat ini sebagai bentuk penghormatan yang nilai-nilai perjuangannya dapat dijadikan wisata edukasi sejarah,” tegasnya.

Peresmian Gapura tersebut dihadiri oleh pejabat Forkopimda Kabupaten Tegal di antaranya yaitu Pj. Bupati Tegal yang diwakili Kabag Kesbangpol Trinanda Aji Permana, S.Sos., M.Si, Dansatradar 214 Tegal Letkol Lek Prasetiyo Tri Adi Nugroho, Dandenma Brigif 4/DR Kapten Inf Chandra Haryanto, Kasdim 0712/Tegal Mayor Inf Nurohmad, S.Ag, Kapolsek Balapulang Iptu Hery Suroyo, Kasat Intel Kajari Yusuf Luckita,S.H., M.H, Kabid Periwisata Kabupaten Tegal Joko S. dan GM Pelindo Tegal Tri Sugiatmo serta Camat dan Lurah Balapulang. (Penlantamal)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close