Peristiwa

Edi Suryono Resmi Menjabat Sebagai Kasun Kedungwungu, Ini Harapannya!

Tf : Suasana pelantikan

LAMONGAN, DORRONLINENEWS.COM – Dalam sistem pemerintahan Desa, Kepala Dusun (Kasun) merupakan unsur Perangkat Desa dan juga merupakan unsur pembantu Kepala Desa (Kades) sebagai satuan tugas kewilayahan.

Dalam melaksanakan Tugas dan Fungsinya Kepala Dusun dibantu oleh Ketua RT/RW dalam menyelesaikanya. Untuk jumlah Kepala Dusun sendiri tiap Desanya tentu beragam, karena menyesuaikan proporsi yang diatur di masing-masing Desa.

Sesaat setelah dilantik dan pengambilan sumpah jabatan oleh Kepala Desa Jumali di Balai Desa Sumberbendo, Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan Kasun Edi Suryono mengatakan kepada awak media Dorronlinenews.com dikediaman rumahnya bahwa, “Untuk dapat menjadi Kepala Dusun itu tidaklah mudah, Saya juga mengatakan tidak sulit, asalkan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan Undang-Undang Desa dan mempunyai keinginan serta dedikasi tinggi dalam membangun wilayahnya dan mudah-mudahan saya bisa menjadi Kepala Dusun yang amanah,” ungkap Kasun Edi Suryono. Rabu, (03/01/2024).

Lanjut Edi panggilan Kasun Kedungwungu yang kerap akrab disapa juga menjelaskan mengenai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang wajib dilaksanakan mengacu pada undang undang desa yang berlaku, yakni sebagai berikut :

  1. Membina masyarakat agar tentram dan Tertib,
  2. Melakukan upaya perlindungan bagi masyarakat,
  3. Sebagai Motor Penggerak Kependudukan (Mobilisasi),
  4. Melakukan Penataan dan Pengelolaan Potensi di wilayah dusun Kedungwungu,
  5. Melakukan Pengawasan Pembangunan yang terletak di wilayah saya,
  6. Melakukan Pembinaan dan Menumbuh kembangkan kesadaran dalam hal menjaga lingkungan,
  7. Melakukan pemberdayaan guna memperlancar roda pemerintah Desa dan Pembangunan.

“Nah, itulah ke -7 Tupoksi yang wajib saya laksanakan. Oleh karenanya, ke-7 tupoksi tersebut akan saya laksanakan dengan niat baik yang tulus, sepenuh hati dan ikhlas, hal tersebut mudah mudahan akan menambah keyakinan warga masyarakat dusun kedungwungu terhadap saya,” terangnya secara detail.

“Dalam hal ini tentunya saya berharap terhadap warga masyarakat Desa Sumberbendo agar tetap bersatu guyub rukun dan saling bergotong royong dalam meningkatkan pembangunan Desa dan kesejahteraan masyarakat Desa Sumberbendo khususnya dusun kedungwungu bisa maju dan lebih baik dari sebelumnya,” harapnya.

Sebelum mengakhiri percakapannya Kasun Edi mengucapkan terima kasih terhadap seluruh Tim yang turut serta mengawal dari awal sampai terlantiknya ia sebagai perangkat desa Kasun Sidowungu.

“Saya juga tak lupa ingin mengucapkan rasa terimakasih terhadap Tim P3D, Pemdes Sumberbendo, dan juga Forkopimcam Mantup, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Trantib yang mana dari awal pelaksanaan hingga terlantiknya saya sebagai Kasun Kedungwungu berjalan lancar aman dan kondusif,” pungkasnya.(tyo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close