Peristiwa

Pembukaan Manasik Haji Dan Umroh Tahun 1445 H /2024 An Nuuriyyah Kelampok Benjeng

Teks foto : Suasana Pembukaan Manasik Haji KBIHU An Nuuriyyah Kelampok, Benjeng

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Bertempat dihalaman SMK An Nuuriyyah desa Klampok, Kecamatan Benjeng dilaksanakan Pembukaan Manasik Haji Dan Umroh tahun 1445 H/2024 yang diselenggarakan oleh KBIHU An Nuuriyyah. Senin,(25/12/2024)

Dalam arahannya Ketua Penyelenggara KBIHU An Nuuriyyah H. Abdul Muhith I.c acara perdana ini diselenggarakan bahwa
pembukaan artinya pada hari ini mulai pembukaan dan insyaallah sekitar 90 jamaah haji.

Bagi jamaah Haji sangat dibutuhkan fisik yang prima untuk menjalankan ibadah Haji. Untuk itu diharapkan agar test kesehatan nantinya yang bergabung di KBIHU An Nuuriyyah semuanya lolos tanpa ada kendala.

Seperti pelaksanaan Ibadah Haji tahun 2023 lalu yang bertema ibadah haji Rama Lansia. Pada waktu itu diperlukan pembimbing dan pendapat cukup banyak. Namun tahun 2024 sangat berkurang mengingat tahun 2024 orang masih gesit dan lincah.

Beberapa hal yang perlu diketahui bahwa KBIHU An Nuriyah melaksanakan 5 kali pertemuan diantaranya pertemuan pertama dilakukan hari ini. Tanggal 11 Februari 2024 dilaksanakan Proses Perjalanan Haji.

Tanggal 18 februari 2024 Bimbingan kesehatan bagi jamaah Haji

Tanggal 24-25 februari 2024 Ziarah wali dan Praktek Manasik Haji di Fatmatuz Zahra Semarang. Selanjutnya menunggu Informasi.

Untuk itu saya selaku ketua Penyelenggara berharap agar bapak ibu calon jamaah haji yang bergabung di KBIHU An Nuriyah untuk aktif dalam pertemuan yang telah diselenggarakan.

Dengan lima kali pertemuan saya berharap “bapak ibu untuk aktif dalam pertemuan sehingga nantinya paham dan mengerti isi dari pertemuan, apabila dipraktekkan di Arab Saudi”. Pintanya.

Sedangkan KH Misbahuddin MPd selaku pemilik KBIHU An Nuuriyaah
Menceritakan perjalanan KBIHU
Tahun 2006 – 2019 masih bernama Elmunah yang berarti pemberian Gusti Allah. Tahun 2020 berubah Menjadi An Nuuriyyah yang berarti Cahaya. Dengan adanya perubahan maka semakin hari semakin mahal beaya mengikuti perkembangan jaman.

Untuk itu beayah yang harus bapak, ibu keluarkan yang bergabung di KBIHU An Nuuriyyah sebesar Rp. 3.000.000,-

Sementara peranan KBIHU An Nuuriyyah adalah sebagai penghubung antara jamaah dan Kementerian Agama.

Walaupun nantinya ada Petugas dan pembimbing Haji yang disediakan pemerintah tapi kita tidak boleh bertumpu kepada petugas haji.

“Untuk itu kita diharapkan bapak ibu bisa mandiri dalam melaksanakan kegiatan haji selama di Arab Saudi”. Kilahnya.

Oleh karena itu diharapkan bapak ibu Calon Jamaah Haji untuk tidak memandang kecil apa yang sudah di programkan KBIHU An Nuriyah.

Kalaupun semua sudah kita pelajari dan kita resapi dalam hati insyaallah semuanya akan lancar dan semuanya menjadi haji yang Mabrur. Pungkasnya.

Kepala Bidang Pemberangkatan Kementerian Agama Gresik Lulus SE dalam arahannya menyampaikan ada perbedaan di bidang Kesehatan kalau tahun
2023 tahun ini pemeriksaan ada 4 item pemeriksaan kognitif, Rohani dan Jasmani yang sudah dilakukan oleh bapak ibu. Kalau tahun lalu test kesehatan dilakukan setelah pelunasan Beaya haji kalau sekarang di lakukan test kesehatan sebelum pelunasan.

Untuk itu saya berharap kepada bapak ibu untuk bersabar dalam mengikuti langkah – langkah untuk menunaikan ibadah haji.

Sedangkan untuk pelunasan diharapkan uang sudah ready sehingga sampai pada waktunya dapat melunasi sehingga kita dapat berangkat dengan aman dan nyaman.

“Uang persiapan haji jangan dipinjamkan untuk yang lain walaupun saudara sendiri”. Pesannya.

Lulus juga mengatakan bahwa apabila sakit dan sudah dinyatakan akut oleh dokter boleh diwakilkan kepada Anak, saudara kandung, Suami atau istri boleh diwakili.

Fungsi KBIH dalam hal ini sebagai kepanjangan tangan dari Kementerian agama. “Boleh berangkat sendiri tanpa ikut KBIH”. Pungkasnya. (ono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close