Peristiwa

Danlantamal V Hadiri Peresmian Lanal Pacitan

Teks foto : Danlantamal V Hadiri Peresmian Lanal Pacitan

PACITAN, DORRONLINENEWS.COM – Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Brigjen TNI Marinir Joni Sulistiawan, S., H., M. Han., menghadiri Peresmian Mako Lanal Pacitan dan Pengukuhan Komandan Lanal Pacitan yang di pimpin langsung Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan, S.T., M.Si., CHRMP., M.Tr.Opsla., bertempat di Jl. Laksamana Malahayati No. 01, Desa Kembang, Kab. Pacitan. Rabu (08/11/2023)

Pembentukan Lanal Pacitan bertujuan untuk mengembangkan kembali potensi maritim wilayah pesisir pantai, mendorong pemberdayaan nelayan melalui pengamanan laut dan pengawasan keamanan, serta membangun pertahanan laut yang dimulai dari masyarakat maritim. Selain peresmian Lanal Pacitan, Pangkoarmada II juga mengukuhkan Mayor Laut (P) Dainuri Syamsuddin, S.T., sebagai Komandan Lanal Pacitan.

“Setelah melalui perjuangan panjang kita dalam merencanakan pembangunan kekuatan , Lanal Pacitan ini akhirnya bisa terbentuk memperkuat salah satu bagian di sisi selatan pertahanan maritim pulau jawa. Lanal pacitan ini juga tidak akan lahir tanpa bantuan dan dukungan seluruh komponen masyarakat di pacitan.”Ujar Pangkoarmada II

Bupati Pacitan dalam sambutannya juga merasa dengan hadirnya Lanal Pacitan dapat membantu dan melindungi wilayah Kabupaten Pacitan dan sekitarnya. “Pembangunan pangkalan TNI AL ini sangatlah penting dan strategis dalam upaya pengamanan wilayah perairan selatan kabupaten pacitan, trenggalek,dan tulungagung. Pengamanan dari segala ancaman kegiatan ilegal perairan baik yang di lakukan oleh WNI atau oleh warga asing.” Ungkapnya

Rangkaian acara peresmian diawali dengan upacara peresmian Lanal serta pengukuhan Komandan Lanal Pacitan, dilanjutkan dengan penanaman pohon, dan diakhir acara dilaksanakan pemotongan pita.

Bersamaan dengan peresmian Lanal Pacitan,TNI AL melalui Diskes Lantamal V yang bekerjasama dengan Dinkes Kab. Pacitan juga menggelar bakti sosial dan bakti Kesehatan bagi Masyarakat Pacitan di Balai Desa Kembang, Pacitan.

Hadir dalam peresmian tersebut Para Pejabat Utama Lantamal V, Para Danlanal di bawah Jajaran Lantamal V, Para Kasatker Lantamal V, Forkopimda Kab Pacitan dan Unsur. (Penlantamal)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close