Peristiwa

Dampak Hujan di Kawasan Lamongan, Puluhan Rumah Porak Poranda di Terjang Angin

Teks foto : Puluhan Rumah Porak Poranda di Terjang Angin

LAMONGAN, DORRONLINENEWS.COM – Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang selama musim hujan. Mengingat seiring dengan peralihan cuaca dari kemarau ke musim hujan, hujan lebat dan cuaca buruk bisa terjadi kapan saja.

Seperti halnya, Hujan yang terjadi dengan intensitas deras mengguyur kawasan Kabupaten Lamongan pada Minggu, ( 26/11/2023 ) sore. Hujan deras disertai angin kencang itu menyebabkan puluhan rumah warga rusak di empat desa Kecamatan Sukodadi, Kabupaten Lamongan.

Sementara informasi rumah rusak terbanyak di Desa Baturono. Sedikitnya ada 20 rumah mengalami kerusakan pada bagian atap (genteng). Tiga desa lainnya yaitu Desa Banjarejo, Balungtawun dan Menongo, dengan total puluhan dengan kondisi kerusakan hampir sama.

Tidak hanya itu. Kejadian serupa juga melanda di Desa Jotosanur, Kecamatan Tikung. Sejumlah pohon tepi jalan raya jurusan Lamongan – Mojokerto tumbang hingga mengganggu arus lalu lintas.

Keterangan yang dihimpun oleh awak media, kejadian yang melanda di empat desa di Kecamatan Sukodadi berawal sekitar pukul 15.30 WIB. Sebelumnya ditandai dengan hujan dan angin setengah jam sebelumnya.

“Hujan semakin deras, angin juga bertiup semakin kencang. Bahkan, usai waktu Ashar, angin bertambah kencang hingga akhirnya menyapu atap-atap (genteng) warga,” tutur Arif, warga Desa Baturono.

Akibat kejadian itu, sambung Umi, warga Desa Banjarejo, warga sempat panik tidak sedikit yang berlarian keluar rumah. Terutama, warga yang rumahnya semi permanen.

Karena takut tertimpa genteng, atau mungkin rumahnya takut roboh. Warga rela hujan-hujanan untuk cari tempat yang aman.

Warga kembali masuk rumah setelah hujan dan angin mereda. Begitu dirasa aman, selanjutnya warga segera membenahi atap genting dan sebagian dibantu warga lain yang rumahnya aman.

Ditempat terpisah, terjadi di jalan Raya Desa Jotosanur pohon tumbang akibat hujan deras yang disertai angin kencang. Dengan sigap dan tanggap Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamongan. Khususnya pohon yang melintang langsung digergaji dan disingkirkan dengan dibantu relawan dan warga sekitar, hingga arus lalu lintas kembali berjalan lancar.

Sementara itu, Plt Kepala BPBD Kabupaten Lamongan, Joko Raharto membenarkan adanya bencana akibat angin kencang menyertai hujan di beberapa wilayah di Lamongan. Dikatakan, pihaknya kini sedang mendata kerusakan rumah yang terjadi di Kecamatan Sukodadi.

“Peristiwa ini tidak ditemukan korban jiwa, Kita sekarang sedang melakukan pendataan untuk mengetahui jumlah pastinya rumah yang rusak,” Pungkasnya.(tyo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close