Peristiwa

Wabup Gresik Bu Min Berharap Aparatur Desa Aktif Perbarui Data Untuk Atasi Kemiskinan dan Stunting

Teks foto : Wabup Gresik Bu Min bersama kepala desa

BATU, DORRONLINENEWS.COM – Kepala desa, dan perangkat desa dari 14 desa mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa Se-Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik. Kegiatan digelar di Klub Bunga Butik Resort Kota Batu, Sabtu (28/10) kemarin.

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah,, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Kecamatan Panceng bersama dengan unsur pemerintahan desa dalam melaksanakan Bimtek guna meningkatkan kapasitas aparatur desa.

Wakil Bupati perempuan pertama di Kabupaten Gresik itu berharap, kegiatan tersebut dapat bermanfaat untuk peningkatan kapasitas, sekaligus membangun koordinasi dan komunikasi antara kepala desa dan perangkatnya.

“Adanya Bimtek menunjukkan sinergi antar desa dalam menyamakan persepsi. Perlu diketahui program pemerintah pusat, provinsi hingga desa harus seiring sejalan. Tidak lain tujuannya untuk kesejahteraan masyarakat desa, “tutur wabup.

Menurut wabup, desa merupakan indikator pembangunan daerah maupun nasional. Jika penyelenggaraan pelayanan publik di desa baik, maka pemerintah daerah hingga pusat akan ikut terbawa baik.

“Program penurunan angka stunting pada tahun 2024 ditargetkan turun 14 persen, di Kabupaten Gresik sudah turun 10 persen. Selain itu pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Gresik nomor satu di Indonesia dengan angka 76 persen melebihi pertumbuhan ekonomi nasional, “bebernya.

Selain itu, lanjut wabup, dalam penanganan menurunkan angka kemiskinan dan stunting di Kabupaten Gresik, diperlukan kerjasama yang baik antar stakeholder. Terus update data yang riil sesuai kondisi, sehingga tergambar jelas demografis desa.

“Antisipasi Awal terhadap stunting, setidaknya memutus rantai kemiskinan. Saya berharap pada tahun depan sudah tidak ada lagi desa di Kabupaten Gresik yang masuk kategori desa miskin, “ujarnya.

Dikatakan, desa dalam menjalankan perannya dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang produktif, handal serta profesional, dan memiliki kapabilitas dalam menjalankan peran dan fungsinya di desa.

“Dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, yang terpenting adalah bagaimana pemerintah desa mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan mampu meningkatkan daya saing desanya, “tutup wabup.

Di tempat sama, Camat Panceng Nurul Mukhid mengatakan, ada beberapa materi yang disampaikan dalam Bimtek peningkatan kapasitas aparatur desa. Diantaranya, kebijakan pemerintahan desa, perencanaan pembangunan desa mulai dari RPJMDes, prinsip-prinsip keuangan hingga pencegahan korupsi tingkat desa.

Pihaknya berharap, pelatihan tersebut untuk terus di sempurnakan, imbas maupun impact dari Bimtek. Terutama dari sisi sikap perilaku setidaknya ada 3 hal perubahan.

“Saya berharap, setelah pelatihan ini ada 3 perubahan yaitu sikap dan perilaku, peningkatan pengetahuan dan peningkatan keterampilan, “pungkasnya.

Turut mendampingi wabup, Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Achmad Washil Miftahul Rachman, serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Abu Hassan.(dvd)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close