Peristiwa

Sedekah Bumi Desa Sumengko Ambil Tema “Akehno Nyukuri Nikmat Supoyo Lali Dalane Sambat”

Teks foto : Suasana sedekah bumi desa semengko kecamatan Duduksampeyan

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Sebagai ungkapan rasa syukur atas segala limpahan rahmat yang telah diberikan oleh Allah SWT selama satu tahun ini, Desa Sumengko Menggelar Sedekah Bumi yang dilaksanakan di pendopo balai desa Sumengko Kecamatan Duduksampeyan Kabupaten Gresik. Minggu, 29/10/2023.

Pada sedekah bumi desa sumengko kali ini mengambil tema ” Akehno Nyukuri Nikmat Supoyo Lali Dalane Sambat” (Banyakkan Syukuri Nikmat Agar Lupa Jalannya Mengeluh) . Terlihat para warga dengan guyup rukun secara beriringan membawa nampan yang sudah terisi makanan dan jajanan untuk dibawa ke pendopo balai desa.

Acara tersebut dihadiri oleh kepala Desa Sumengko Mashadi beserta jajaran perangkat desa, Forkopimcam Duduksampeyan (Camat Dedy Hartadi, bersama Kapolsek dan Danramil), Kepala KUA Duduksampeyan, Kepala Sekolah SMP SD 87 Gresik, Kepala Madrasah, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Kades Sumengko Mashadi dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia yang sudah bekerja keras dalam mensukseskan kegiatan sedekah Bumi Desa Sumengko tahun ini.”Tak lupa Mashadi juga mengucapkan ribuan terimakasih kepada seluruh warga masyarakat Desa Sumengko yang sudah mendukung serta berpartisipasi dalam acara sedekah bumi desa sumengko ini, tanpa dukungan dan partisipasi seluruh warga acara ini tidak Mungkin bisa berjalan dengan baik dan sukses,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Kades Mashadi juga menyampaikan beberapa program pemerintahan desa Sumengko yang Alhamdulillah berkat doa seluruh warga masyarakat Desa Sumengko segala program bisa terlaksana dengan baik, ujarnya.

“Semoga dengan kita tetap menjaga dan melestarikan tradisi sedekah bumi yang telah kita laksanakan tiap tahun ini seluruh warga masyarakat Desa Sumengko selalu diberkahi oleh Allah SWT, diberikan kesehatan dan hasil bumi yang melimpah serta selalu dijauhkan dari segala bala’,” harapnya.

Sementara Camat Duduksampeyan Dedy Hartadi dengan didampingi Kapolsek dan Danramil menyampaikan bahwa kegiatan sedekah Bumi yang merupakan tradisi peninggalan leluhur ini sangat perlu untuk diapresiasikan, dijaga dan juga dilestarikan, ujarnya.

“Dengan tetap melestarikan tradisi budaya sedekah bumi ini kita bisa menciptakan kekompakan, kegotongroyongan dan seluruh warga masyarakat Desa Sumengko bisa terus guyup dan rukun” ungkapnya.

“Semoga dengan tetap menjaga dan melestarikan tradisi sedekah bumi ini seluruh Warga masyarakat Desa Sumengko selalu diberkahi Allah SWT, bisa hidup makmur dan sejahtera serta pemerintahan Desa Sumengko bisa semakin maju lagi”pungkas.

Acara Sedekah Bumi Desa Sumengko pada malam harinya dimeriahkan dengan pagelaran Wayang Kulit dengan dalang Ki Puguh Prasetyo. (wan)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close