Peristiwa

Paguyuban Cak Dan Yuk Gresik Blakraan Heritage Kampung Lawas Kebungson

Teks foto : Paguyuban Cak Dan Yuk Gresik Blakraan Heritage Kampung Lawas Kebungson

GRESIK, DORRONLINWNEWS.COM – Cak Dan Yuk Kabupaten Gresik yang diantaranya Cak Nurman Juara Favorit Cak Yuk 2021, Yuk Melinda Finalis Cak Dan Yuk 2021 bersama anggota Paguyuban Cak dan Yuk Kabupaten Gresik dengan didampingi Lurah Kebungson M. Fither Kuntajaya, ST. MM. beserta seluruh jajaran perangkat kelurahan dan juga Yuli Mak Mak Pokdarwis Kebungson menjelajahi Kampung lawas Kebungson. Jum’at, 27/10/2023.

Kegiatan blakrakan tersebut dimulai dari stasiun Grissee, kampung lawas kebungson, makam nyai ageng pinatih , UMKM ekraf pada rumah kembar dan omah batik gajah mungkur, yang di pandu langsung oleh ala ala guide wisata oleh Gus Lurah Kebungson M. Fither Kuntajaya, ST. MM.

“Kita ketahui bersama kampung lawas kebungson merupakan heart of bandar grissee yg menjadi Nominator Juara East Java Tourism Awards 2023 yang diselenggarakan oleh Disbudpar Provinsi Jawa Timur dengan penghargaan dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa”, ujar Lurah Kebungson M. Fither Kuntajaya, ST. MM. kepada Media.

Lebih lanjut M. Fhiter menjelaskan, selain walking tour dikenalkan teknik membuat ecoprint di heritage omah kembar kebungson dengan dipandu UMKM Ekraf Ecoprint Roro Fitri Mariana.”
Rombongan juga diajak berziarah dan Doa Bersama ke komplek pesarean Nyai Ageng Pinatih dan juga menyusuri keindahan heritage kampung lawas kebungson”, jelasnya.

Sesampai di Omah Batik Gajah Mungkur Cak dan Yuk Gresik ditemui langsung oleh Pengelolah Omah batik Khoiri, selain indahnya arsitektural omah Gajah Mungkur, rombongan juga diajak masuk Gallery Batik Omah Gajahmungkur yang juga Nominator Juara ANUGERAH PESONA INDONESIA 2023

Lengkap sudah visitasi jelajah kampung lawas kebungson mulai wisata Heritage, Religi, Ekonomi Kreatif dan Arsitektural, tak salah jika Kebungson layak menjadi potensi daya tarik wisata sesuai nawakarsa bupati Gresik. H. Fandi Akhmad Yani. SE.,.”Semoga dengan adanya penataan pariwisata yang terarah dan dukungan masyarakat kebungson serta semua pentahelix bisa membuat geliat ekonomi masyarakat dan wisata yang berkelanjutan”, harapnya.

Sementara Zur’ah S.SiT. MM selaku Kasi Ekonomi dan pembangunan Kelurahan Kebungson mengatakan agar ekraf ekoprint di kelurahan Kebungson ini bisa menjadi energi postif dan keahlian bagi masyarakat kebungson dibidang ekraf dan juga semoga bisa menjadi salah satu potensi pengembangan ekonomi kreatif di kelurahan kebungson, ujarnya.

Setelah puas bakraan dan blusukan di kampung lawas kebungsong M. Fither Kuntajaya, ST. MM. mengajak seluruh rombongan untuk menikmati kuliner khas Gresik yakni Nasi Krawu Buk Marjani. (wan)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close