Peristiwa

Mengenal Pelaku Ekraf Bidang Eco Print Kelurahan Kebungson Gresik, Fitri Mariana

Teks foto : Fitri Mariana

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Fitri Mariana adalah salah satu pelaku usaha ekonomi Kreatif dibidang Ekoprint di kelurahan Kebungson Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik

Kepada media Fitri Mariana menerangkan, Ecoprint adalah tehnik pencetakan pada media alami dengan menggunakan daun, bunga, batang, akar maupun getah sebagai motifnya. Sedangkan bermacam macam kayu dan buah bisa di jadikan pewarnanya, terangnya kepada media saat ditemui dikediamannya. Selasa, 24/10/2023.

Media yang di pakai bisa berupa bahan yang alami yang berasal dari tanaman dan hewan. Misal: kapas, serat tanaman, kepompong dan kulit hewan

Dilihat dari bahan dan medianya Ecoprint ini adalah karya seni yang ramah lingkungan. Karena tidak memakai pewarna kimia atau bahan bahan sintetis yang berbahaya lainnya, ungkap Fitri.

Lebih lanjut Fitri juga menjelaskan, Ecoprint bukan batik, karena perbedaan dalam hal proses pembuatan. Di dalam proses Ecoprint tidak ada pemakaian malam sebagai penghalang dan tidak ada proses ” nglorod “yang biasanya dilakukan pada proses Batik yang dalam pembuatannya ada 2 cara:

  1. Pounding atau pukul

Pembuatan ecoprint ini memakai alat yaitu palu dari bahan kayu, yang di pukulkan ke daun / bunga yang telah di letakkan pada kain, sehingga menimbulkan jejak atau warna daun / bunga pada kain tersebut.

2 Steam atau Kukus

Pembuatan Ecoprint ini memakai alat pengukus. Jadi media yang telah di proses ecoprint di kukus selama 1,5-2 jam, supaya warna atau jejak daun dan bunga lebih menempel kuat ke kain. Sehingga bisa tercetak dengan sempurna.

Dua cara ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing. Tergantung keinginan Ecoprinter mana yang sesuai dengan karya yang akan di buat, terangnya.

Semakin lama tehnik yang di pakai ecoprinter semakin beragam. Tetapi secara dasar tehnik yang di pakai ada 3 macam, yaitu:

  1. Tehnik Basic

Tehnik yang paling dasar terutama untuk pemula sebagai pengenalan bahan dan pengenalan tanaman yang ada d linkungan sekitar.

  1. Tehnik Mirror atau Cermin

Tehnik yang sederhana dengan memakai seminim mungkin tanaman, tetapi tetap menampakkan keindahan karya.

  1. Tehnik Blanked atau Selimut

Tehnik yang memakai 2 kain yang satu sebagai kain dasar (Utama) dan yang kedua sebagai kain Blanked (selimut) sebagai pentransfer warna dan hasil dari pengembangan Ecoprint ini antara lain berupa Baju, Kain, Tas, Sepatu, Dompet dan juga Kalung.

Fitri Mariana berharap semoga ekoprint kebungson ini bisa menjadi salah satu potensi daya ungkit pariwisata di Bandar Grissee mengingat keunikan dan keistimewaan ekoprint yg juga bisa menjadi edu wisata, harapnya.

Sementara M. Fither Kuntajaya ST, MM selaku Lurah Kebungson mengatakan bahwa produk produk Ecoprint sangat SUSTAINABLE, jadi dalam industri Ecoprint berfokus pada pengembangan dan produksi pakaian serta aksesoris yang mempertimbangkan dampak lingkungan, sosial dan ekonomi dari seluruh siklus hidup produk dengan tujuan untuk mengurangi jejak lingkungan, meningkatkan kondisii kerja dalam rantai pasokan dan mengedukasi konsumen tentang keberlanjutan, katanya. (wan)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close