Peristiwa

H. Moh Saroni Akhirnya Terpilih Sebagai Kades PAW Desa Gedangkulut tahun 2023

Teks foto : H. Moh Saroni bersama Muspika Cerme

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Dalam rangka pemilihan kepala desa antar waktu, warga Desa Gedangkulut, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik menggelar kegiatan musyawarah pemungutan suara. Pada pemilihan ini, H. Moh Saroni berhasil terpilih sebagai Kepala Desa antar waktu Desa Gedangkulut.

Beginilah saat musyawarah dalam rangka pemilihan kepala desa antar waktu atau Penggantian Antar Waktu (PAW) yang digelar masyarakat Desa Gedangkulut di aula kantor desa, Senin, (23/10 2023).

Terdapat 2 kandidat yang mencalonkan diri sebagai Kepala Desa PAW Desa Gedangkulut, yaitu kandidat nomor urut 1, H. Tasem, dan kandidat nomor urut 2, H. Moh Saroni

Total sebanyak 129 orang perwakilan masyarakat yang terdiri dari tokoh agama, tokoh pendidikan, tokoh masyarakat, hingga karang taruna dan juga perwakilan perempuan menggunakan hak pilihnya.

Dalam pemilihan yang digelar selama satu setengah jam, H. Moh Saroni terpilih menjadi Kepala Desa Gedangkulut dengan perolehan 86 suara, disusul lawannya, H.Tasem, dengan 42 suara, suara tidak sah 0 dan satu ( 1 ) orang tidak hadir.

Maka H. Moh Saroni terpilih menjadi Kades PAW Desa Gedangkulut. Hal tersebut menjadi sejarah di Desa Gedangkulut yang mana pertama kali kades terpilih dari dusun Sawahan yang sebelumnya puluhan tahun Kades terpilih dari dusun Gedangkulut.

Ketua Pelaksana Pemilihan PAW Kepala Desa Gedangkulut Sadi menjelaskan, bahwa pemilihan kali ini digelar dengan sistem musyawarah yang merujuk pada Permendagri Nomor 72 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa.

“Ini adalah sistem musyawarah karena dalam tahapan PAW ini tidak ada namanya pemilihan umum, jadi sistemnya asas musyawarah berdasarkan Permendagri No. 72, pengganti Permendagri No. 120 tentang pemilihan kepala desa,” ujar Sadi, Ketua Pelaksana Pemilihan PAW Kepala Desa Gedangkulut.

Ditambahkan Sadi bahwa, “Mengenai tahapan selanjutnya yakni pelantikan Kepala Desa PAW Desa Gedangkulut akan menunggu Surat Keputusan ( SK ) dari Bupati Gresik H.Fandi Ahmad Yani S.E,” tambahnya.

Kegiatan ini turut dihadiri Forkopimcam Cerme, Babinsa dan Babinkamtibmas setempat, saksi dari kedua kandidat, pengawas desa dan beberapa unsur masyarakat.

Diketahui, sebelumnya kepala desa Gedangkulut yang dijabat oleh Ali Mas’ud yang meninggal dunia dikarenakan sakit dan Selanjutnya, jabatan dilanjutkan oleh H. Moh Saroni yang terpilih menjadi Kades PAW Gedangkulut sampai tahun 2025.

Sementara itu, saat H. Moh Saroni di konfirmasi awak media Dorronlinenews.com di kediaman rumahnya dusun Sawahan mengaku sangat bahagia sementara kalah menang itu sudah biasa, pada waktu pemilihan sampai perhitungan berlangsung beliau tidak punya beban dan berterimakasih atas kepercayaan yang diberikan masyarakat kepadanya.

“Saya mengucapkan beribu ribu terimakasih atas kepercayaan masyarakat yang diberikan kepada saya, dan untuk kedepan saya akan meneruskan Visi dan Misi kepala desa yang sebelumnya menjabat di Desa Gedangkulut alm Ali Mas’ ud,” katanya.

“Tentunya saya akan membawa dan wajib perubahan Desa Gedangkulut, dan mohon doa restunya supaya bisa bekerja dan mengembankan amanah yang diberikan terhadap saya,” terangnya.

Selain itu, “Saya berharap terhadap perangkat desa dan seluruh Stakeholder bisa berkolaborasi dalam menata pemerintahan desa Gedangkulut serta bekerja secara profesional dan mempunyai keterbukaan publik tentunya tidak ada yang di sembunyikan terutama mengenai dana yang bersumber dari pemerintahan. Oleh karenanya mari bersama sama untuk bangun perubahan untuk memajukan Desa Gedangkulut bisa makmur dan lebih baik lagi.(tyo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close