Peristiwa

Keseruan BP Festival 2023, Gang Bintoro Berkolaborasi Dengan Gang Pancasila

Teks foto : suasana keseruan Gang bintoro berkolaborasi dengan Gang Pancasila

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Guna menjaga nilai-nilai Nusantara, saat ini dilakukan warga Desa Balongpanggang, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik. dengan menyelenggarakan Jalan Sehat BP Festival bertajuk Budaya Nusantara Kebhinekaan, Minggu (03/09/2023).

Ratusan warga Desa Balongpanggang dalam memeriahkan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI tersebut terpusatkan dilapangan sepak bola Balongpanggang.

Antusias warga terlihat, begitu melihat para peserta karnaval memakai kostum dayak papua, bali, berdandan ala Tentara, Kuntilanak, tuyul, hingga kostum menarik lainnya bahkan ada pula yang memakai bahan dasar dari daur ulang plastik dan tak ketinggalan dengan diiringi sound sistem yang dimuat pick up.

Terlihat keseruan di barisan terakhirnya yakni kolaborasi dari warga dusun Balongpanggang Gang Bintoro RT 01 RW 03 dan Gang Pancasila yang luar biasa bersatu guyub rukun dan kompak mengikuti BP Festival.

Saat ditemui awak media ini Ketua koordinator Iwan Budi Santoso (45) Dusun Balongpanggang gang Bintoro mengatakan kegiatan tersebut diadakan untuk memperingati momen agustusan, kemudian dipilih tema kesenian nusantara untuk menjaga warisan leluhur.

Masih Wawan Panggilan akrab Ketua koordinator Gang Bintoro yang juga selaku Ketua PAC Balongpanggang Pemuda Pancasila (PP) mengatakan bahwa, “Masyarakat Indonesia terutama warga Balongpanggang, kab.Gresik wajib cinta dengan budaya daerah, melalui kegiatan ini para peserta BP festival ini dapat menunjukkan rasa cintanya dengan berbagai kesenian nusantara di Indonesia mulai sabang sampai merauke,” ungkap Wawan dengan semangat 45.

Disisi lain ia juga menyampaikan mengenai costum dan rias sedemikian rupa, merupakan hasil karya warga masyarakat Gang Bintoro dan Gang Pancasila pribadi. Mereka rela merogoh kocek untuk merias, berdandan serta berkreasi dan menyewa dalam momen memeriahkan HUT Ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023.

“Murni biaya dari masing masing peserta (biaya pribadi), bukan dibiayai dari pemdes ataupun dari pihak manapun,” celetuknya.

BP Festival ini diikuti Sebanyak lima ( 5 ) dusun dan dua puluh delapan (28) grub dan ribuan peserta yang ada di Desa Balongpanggang. Dari lima dusun tersebut menunjukkan aksi dan penampilan yang luar biasa totalitas nan unik. Menariknya lagi, dalam acara itu juga menyediakan Doorprize Motor Listrik, dan ratusan hadiah yang menarik lain. Hal ini pun menambah semangat warga.

Sementara itu, pengakuan Azis (47) Pedagang UMKM yang ada di sekitar lokasi bahkan ikut gembira dengan diadakan BP Festival ini, secara tidak langsung membantu perekonomian para Usaha Kecil Menengah mengais rupiah.

“Alhamdulillah, Saya sangat senang sekali adanya acara ini tentunya bisa menambah perekonomian bisa ikut berjalan, semoga di tahun depan dapat berlangsung lagi yang lebih semarak dan meriah”.(tyo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close