Peristiwa

Karnaval Desa Kedungpring, Masyarakat Tumplek Blek Saksikan di Jalan Raya

Teks foto : Suasana Karnaval desa Kedungpring , Balongpanggang

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Bermacam cara warga Indonesia semarakkan momentum Kemerdekaan Republik Indonesia beragam dandanan serta bermacam tema telah disuguhkan, dengan satu tujuan. Gelorakan HUT ke -78 kemerdekaan RI serta mengingatkan pemuda pemudi akan nilai nilai perjuangan para pejuang bangsa yang memperjuangkan kemerdekaan RI.

Karnaval gebyar Hari Ulang Tahun (HUT) ke -78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Desa Kedungpring, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik berlangsung meriah dan Ribuan masyarakat ikut tumpah ruah ke jalan bersama peserta yang mengikuti karnaval. Minggu, (20/08/2023)

Rute karnaval dimulai dari Lapangan Dusun kedungpring menuju lapangan Pilangrejo, Selama berlangsung karnaval, lalu lintas dari berbagai arah nyaris lumpuh.

Puluhan petugas gabungan dari Polsek dan Koramil, Satpol PP, dilibatkan untuk mengatur lalu lintas, tapi tetep aja macet total, lalu lintas baru bisa kembali normal sekitar pukul 18.30 WIB.

Sementara karnaval melibatkan ribuan peserta yang berasal dari Desa Kedungpring. Terlihat ada dari pelajar, Karang Taruna, ormas, dan warga se-Desa Kedungpring dari 14 Rt .

Kemeriahan terasa menggelora karena peserta karnaval menampilkan berbagai karakter boneka raksasa (Ogoh – ogoh), Drum band, Cerita Mahabarata (Ramayana), dan Rondo Kuning,
Leak Bali, Suku Dayak (Borneo), Pakaian Adat Jawa, Sapi sapian, tumpeng raksasa, dan masih banyak lagi.

Panas terik matahari yang menyengat tak membuat peserta karnaval kelelahan, malah sebaliknya tetap semangat. begitupun dengan masyarakat yang menonton tetap antusias tak menghiraukan sengatan matahari

Seusai pawai kirab budaya selesai Kepala Desa Kedungpring memberikan semangat dan seruan dengan lantang MERDEKA..! MERDEKA..! MERDEKA…! Selanjutnya ia bersyukur alhamdulillah karnaval pada hari ini berjalan lancar aman, kondusif dan terbilang sukses.

Karnaval ini diikuti sekitar ribuan peserta yang berasal dari putra putri pribumi Desa Kedungpring, Mereka antusias mengikuti kegiatan yang digelar untuk merayakan Kemerdekaan RI ke-78,” Alhamdulillah peserta karnaval sangat antusias, dan saya berterimakasih terhadap seluruh warga Kedungpring atas partisipasinya. Mengingat, karnaval tahun ini lebih meriah dibandingkan tahun-tahun kebelakang, Mereka tak menghiraukan panas terik matahari,” ucap Kades Supriono secara singkat.

Senada H. Ismail Ketua BPD apa yang di sampaikan oleh Kades Priyono. Selain itu H. Ismail mengatakan Bahkan, banyak warga yang datang dari berbagai pelosok sudah dari siang sampai malam hari menunggu di pinggir jalan yang akan dilintasi peserta karnaval.

“Kami sangat bangga sekali dengan keguyub rukunan terhadap seluruh warga desa Kedungpring, karena ini seperti bukan karnaval lagi tapi sudah hampir se kelas Festival, melihat pembawaan karakter, dalam berkreasi, berinovasi, juga berdandan secara totalitas dari seluruh peserta, sangat luar biasa,” paparnya sembari berikan kata seruan SEKALI MERDEKA TETAP MERDEKA. Merdeka…!! Merdeka…!! Merdeka…!!

Lanjut H. Ismail, ketua BPD memperkirakan warga yang datang ke lokasi karnaval ditaksir ribuan penonton. Saking banyaknya, warga yang ingin menyaksikan berlangsungnya dan keseruan karnaval desa Kedungpring dipinggir jalan.

Sedang kades Kedungpring Priyono kepada media ini mengatakan bahwa semakin tahun tingkat kesadaran warga semakin tinggi dalam meeringati HUT Kemerdekaan. Hal ini dibuktikan dengan adanya keikut sertaan masyarakat dalam acara ini. Beberapa kreasi ornamen yang ditampilkan.

“Saya bangga dengan bersatunya warga pada acara ini, mudah mudahan tahun depan bisa lebih besar dan bisa dikenal masyarakat luar daerah”. Harap sang kades.

Perlu diketahui bahwa kegiatan Pemdes Kedungpring bahwa pada tanggal 21 malam pentas seni, tanggal 22 malam di hibur Ludruk.

Kemeriahan karnaval membuat Camat Balongpanggang M.Amri tidak henti-hentinya melambaikan tangan, sungguh luar biasa, ini sungguh meriah. Saya salut dengan kekompakan warga Desa Kedungpring dalam memeriahkan, menyukseskan karnaval, Inilah wujud dari semangat gotong-royong yang telah membudaya di masyarakat kita,” Ungkap M.Amri Camat Balongpanggang.

“Saya sangat bangga melihat membudaya menyaksikan karnaval tahun ini sangat Gebyar, sangat meriah, luar biasa beda dengan tahun-tahun kebelakang, semoga di tahun yang akan datang akan lebih semarak lagi,” tutupnya. (tyo/ono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close