Peristiwa

Serapan Anggaran Di Dinas Pendidikan Di Triwulan Kedua Masih Rendah

Teks foto : Kadisdik Sampang

SAMPANG, DORRONLINENEWS.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sampang, Madura belakangan ini menyoroti kinerja Dinas Pendidikan (Disdik) setempat karena serapan anggaran yang dilakukan hingga triwulan ke dua (pertengahan tahun) 2023 dinilai masih rendah, sebab dibawah 25 persen.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pendidikan Sampang Edi Subianto menyampaikan jika serapan tersebut masih bersifat normatif karena sesuai skedul yang telah ditentukan.

“Serapan anggaran pada triwulan pertama dan kedua hanya untuk gaji dan kegiatan non fisik, seperti sosialisasi dan pelatihan,” ujarnya Selasa (18/7/2023).

Sementara berdasarkan usulan legislatif untuk segera merealisasikan kegiatan fisik, kata Edi Subianto kini sudah dalam proses, mengingat sudah masuk pada tahapan lelang dan juga berproses dipengadaan.

Namun, pihaknya tetap mendahulukan dana alokasi khusus (DAK) dengan alasan bahwa DAK skedulnya sudah ditentukan oleh pusat.

“Untuk DAK Minggu ini harus sudah selesai, karena Minggu depan untuk yang DAU,” terang Edi Subinto.

Sedangkan untuk bantuan operasional sekolah (BOS), pihaknya mengaku sudah diatur ketentuan tersebut pada petunjuk teknis (juknis).

“Pihak sekolah akan mengajukan juknis triwulan satu dan harus melaporkan surat pertanggungjawaban (SPJ) di triwulan empat tahun sebelumnya,” tutur Kadisdik memungkasi.(awa)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close