Peristiwa

Penuhi Standarisasi Keamanan, Helikopter Wing Udara 1 Laksanakan Uji Fungsi Helideck

Teks foto : Helikopter Wing Udara 1 Laksanakan Uji Fungsi Helideck

SIDOARJO, DORRONLINENEWS.COM – Guna memenuhi standarisasi dan keamanan geladak helikopter yang terdapat pada rangka bangun kapal jenis korvet, maka perlu dilaksanakan uji fungsi Helideck KRI Bung Karno 369 di Dermaga Bintang 99 dan Perairan Utara Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Hal tersebut diungkapkan Komandan Wing Udara 1 Pusat Penerbangan TNl Angkatan Laut (Puspenerbal) Tanjungpinang, Kolonel Laut (P) Dani Achnisundani yang juga Ketua Tim Uji Fungsi Helideck pada Sabtu, 26 Juli 2023.

Dalam melaksanakan Uji Fungsi Helideck kali ini, Danwing Udara 1 didampingi Wakil Ketua Tim Uji Fungsi Helideck, Komandan Skuadron 400 Wing Udara 1 Mayor Laut (P) Handra Mildiawan serta beberapa personel lain yang di tunjuk sebagai tim Uji Fungsi Helideck di KRI Bung Karno 369.

Menurut Danwing Udara 1, Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT), Pesawat udara maupun Helikopter tidak dapat terpisahkan dari unsur KRI maupun Pangkalan TNI Angkatan Laut.

Khususnya untuk Pesawat Helikopter yang dioperasikan oleh TNI Angkatan Laut lanjut Dani, memiliki spesifikasi khusus dan kemampuan penerbang yang spesifik dalam pengoperasian di KRI.

Keselamatan Alutsista maupun personel menjadi prioritas utama dalam pengoperasian helikopter, sehingga diperlukan kesiapan kelengkapan dan sarana pendaratan yang aman serta sesuai standarisasi yang telah ditentukan pada jenis KRI yang memiliki Helideck.

“Uji fungsi Helideck harus dilaksanakan, guna memenuhi aspek keamanan dan keselamatan personel maupun materiel dalam pengoperasian helikopter di kapal,” pungkasnya. (Puspenerbal)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close