Peristiwa

Kodiklatal Alihkan Pendidikan Siswa Sekesal Kepada Yayasan Hang Tuah

Teks foto : Kodiklatal Alihkan Pendidikan Siswa Sekesal Kepada Yayasan Hang Tuah

Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) mengalihkan pendidikan siswa umum Sekolah Kesehatan Angkatan Laut (Sekesal) Kodiklatal kepada Yayasan Hang Tuah.

Hal ini terungkap dalam Penandatanganan naskah berita acara Pengalihan Siswa Umum Sekesal Kodiklatal kepada Yayasan Hang Tuah, yang dihadiri oleh Komandan Kodiklatal Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono dan Ketua Umum Yayasan Hang Tuah Laksda TNI (Purn) Dr. Dani Achdani, S.Sos, S.E.,M.A.P. di Ruang Rapat Mako Kodiklatal Bumimoro Surabaya, pada Kamis (25/5/2023).

Dalam sambutannya Dankodiklatal menyampaikan bahwa merujuk pada Peraturan Kasal (Perkasal) Nomor 14 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Prosedur Kodiklatal dimana tugas pokok dan fungsi Kodiklatal mendidik prajurit TNI AL, menjadi landasan bagi pemimpin angkatan laut untuk mengalihkan pendidikan bagi siswa yang berasal dari masyarakat umum, kepada yayasan yang masih berada di bawah pembinaan TNI AL.

Lebih jauh Dankodiklatal mengatakan jika dalam proses pengalihan tersebut juga disertai dengan pemindahan tenaga pendidik dan kependidikan, dan tenaga penunjang non struktural sehingga diperlukan pendampingan Sekesal selama masa transisi agar proses belajar mengajar tetap berjalan lancar. “Demikian juga peralatan untuk kepentingan pendidikan lainnya akan ditindaklanjuti dengan perjanjian kerja sama antara Kodiklatal dengan Yayasan Hang Tuah,” terang Letjen TNI Marinir Suhartono.

Sehubungan dengan pengalihan siswa umum dari Sekesal Kodiklatal ke Yayasan Hang Tuah, Dankodiklatal berharap kualitas diri mereka tetap dapat dipertahankan . “Saya berharap kualitas output hasil didik tetap dapat dipertahankan sesuai kompetensi yang dipersyaratkan oleh satuan pengguna nantinya, bahkan harus lebih ditingkatkan untuk mewujudkan SDM bangsa Indonesia hingga mampu bersaing dengan tenaga kerja yang lain di era 5.0 saat ini,” pungkas orang nomor satu di jajaran Kodiklatal.

Turut hadir dalam acara tersebut Wadan Kodiklatal Laksma TNI Supardi, Irkodiklatal Brigjen TNI Marinir Amir Faisol, Kapokgadik Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Ichwan Dargianto, para Direktur dan pejabat utama Kodiklatal. Kemudian juga Dansekesal Surabaya, Dansekesal Jakarta dan Makassar lewat video conference, serta pengurus inti Yayasan Hang Tuah cabang Surabaya. (Pen odiklatal)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close