Peristiwa

Dukung Lomba BBGRM, Bupati Mojokerto Ikfina Bangga & Berikan Apresiasi Atas Kekompakan Warga Desa Cinandang

Teks foto : Bupati Mojokerto Ikfina

MOJOKERTO, DORRONLINENEWS.COM – Dalam rangka kunjungan Lomba Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Desa Cinandang, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto kini memasuki tahap penilaian lapang dan di nilai langsung oleh Tim juri Provinsi Jawa Timur (Jatim). Jumat, (12/05/2023).

Dilaporkan bahwa Desa Cinandang sebelumnya telah masuk dalam nominasi lima desa terbaik se-Jawa Timur ini dinilai langsung oleh tim juri Provinsi Jawa Timur.

Desa Cinandang, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto sebelumnya menjadi salah satu dari lima terbaik berdasarkan penilaian secara administratif. Pagi tadi, Cinandang menjalani tahap penilaian lapangan oleh tim penilai provinsi Jatim, pada lomba Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2023.

Terdapat empat aspek yang dinilai dalam Lomba BBGRM yang diprakarsai DPMD Provinsi Jawa Timur ini. Yakni, bidang kemasyarakatan, bidang ekonomi, bidang sosial, bidang agama, dan bidang lingkungan.

Rombongan dari Provinsi Jawa Timur Kepala Dinas DPMD Jatim Budi Sarwoto beserta Tim juri penilai, sebelumnya diterima oleh Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati bersama Kepala DPMD Kabupaten Mojokerto Yudha Akbar Prabowo di Rumah Dinas Bupati Mojokerto. Kemudian dilanjutkan dengan berangkat bersama menuju Balai Desa Cinandang.

Dalam arahannya, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati bersyukur dengan adanya kegiatan BBGRM ini. Menurutnya, dengan adanya lomba ini memberikan motivasi bagi Desa Cinandang untuk menjadikan semangat gotong-royong sebagai modal memajukan wilayahnya masing-masing.

“Tentu juga memberikan dampak yang signifikan pada masyarakat utamanya dalam mengimplementasikan budaya gotong royong di kehidupan sehari-hari,” terang Ikfina dalam sambutannya, di Balai Desa Cinandang, Kecamatan Dawarblandong.

Ikfina juga mengatakan, masuknya Desa Cinandang dalam nominasi lima desa terbaik se-Jawa Timur, membuktikan bahwa masyarakat memiliki kepedulian yang tinggi. Selain itu, Ikfina juga menegaskan, bahwa sikap gotong royong merupakan suatu yang sangat luar biasa dan menjadi bagian dari budaya Indonesia.

“Ini suatu nilai yang harus dilestarikan dan sudah menyatu dengan diri kita” jelasnya.

Ikfina mengaku bangga kepada masyarakat Cinandang atas dukungan yang telah diberikan. Rasa bangga ini dirasakan Ikfina, lantaran semua masyarakat kompak mendukung penilaian verifikasi lapangan ini dengan menampilkan segala potensi yang dimiliki. Salah satunya penampilan kirab 1.000 tumpeng, yang ditampilkan masyarakat Cinandang sebagai bentuk pelestarian adat budaya masyarakat setempat.

“Tidak banyak kata selain terimakasih dan bangga yang bisa saya sampaikan. Semoga Desa Cinandang sukses mendapatkan penilaian terbaik,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala DPMD Jatim Budi Sarwoto mengatakan, sesungguhnya gotong royong merupakan bagian dari Budaya Bangsa Indonesia sejak dahulu kala, dan hari ini terus mengalami degradasi atau penurunan kualitas dan kuantitasnya dari tahun ketahun. Selain itu Pemerintah juga dituntut berperan aktif mendukung lomba BBGRM ini guna meningkatkan partisipasi semangat gotong royong masyarakat.

“Kegiatan lomba gotong royong ini bertujuan untuk menenangkan nilai-nilai gotong royong di masyarakat, artinya nilai gotong royong ini diharapkan tetap ada dan berlangsung sebagai sistem Budaya Bangsa yang tetap ada secara optimal sepanjang waktu di masyarakat,” tambahnya.

Masih pada kesempatan yang sama Kepala Desa (Kades) Cinandang Agus Siswahyudi, S.E., S.H., juga menyampaikan dalam paparannya ia mengaku berbagai inovasi yang telah dilaksanakan oleh pemdes Cinandang dalam rangka membangun desa dan terbukti telah beberapa kali mendapatkan beberapa penghargaan. “Untuk itu, besar harapan saya agar supaya dalam penilaian ini bisa mendapatkan hasil yang kami harapkan atau mampu meraih nilai yang terbaik,” ucap singkat Kades Cinandang

Kemudian, secara terpisah Tim penilai menuju ke titik lokasi penilaian sesuai dengan bidangnya masing masing.(tyo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close