Peristiwa

Siswa SMA Nahdlatul Ulama 2 (Smanuda) Gresik dalam Gelar Karya Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Teks foto : Siswa SMA Nahdlatul Ulama 2 (Smanuda) Gresik dalam Gelar Karya Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Berbagai produk dan karya ditampilkan para siswa SMA Nahdlatul Ulama 2 (Smanuda) Gresik dalam Gelar Karya Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema ‘Gaya Hidup Berkelanjutan dan Deklarasi Toleransi’ di halaman sekolah, Selasa (20/12/2022).

Adapun produk yang ditampilkan 130 siswa kelas X dari 25 kelompok mulai biopori, greenhouse, poster hemat energi, hingga ecoprint. Dibagi dengan total 130 siswa.

Kepala Smanuda Gresik, Umik Makiyatus Syarifah mengatakan bahwa, Gelar Karya P5 ini bagian dari kurikulum merdeka dan merupakan program sekolah penggerak. Salah satu yang ditekankan adalah membangun karakter siswa. Jadi karakter itu berlandaskan pancasila.

“Pada semester lalu mengangkat soal kearifan lokal, kali ini soal gaya hidup dengan harapan menggunakan energi secara bijak. Tidak berlebih dan boros tanpa merusak,” kata Umik.

Sebelum ditampilkan, produk dan karya siswa telah melewati proses pengerjaan hingga presentasi. Pengerjaan dilakukan selama dua bulan. “Yang menjadi tantangan anak-anak adalah komunikasi dan kolaborasi dengan orang lain,” jelas Umik.

Sementara, Fasilitator Program Sekolah Penggerak Jatim, Achmad Noor Fatirul meminta agar para siswa selalu berani menuangkan ide dan berfikir kreatif serta kritis.

“Jangan takut berinovasi dan menuangkan ide. Anda tidak kalah dengan sekolah lain,” pesan Fatirul kepada ratusan siswa yang hadir.

Menurut Fatirul, esensi merdeka belajar adalah bagaimana siswa belajar mandiri sesuai pokok-pokok dari guru. Untuk itu, siswa harus terus berkarya dan jangan takut dicemooh orang lain.

“Karya inovatif itu berguna bila anda sudah lulus,” ujarnya.

Dalam Gelar Karya P5 ini dibuka dengan pelepasan balon toleransi. Selanjutnya diisi dengan fashion show pakaian adat, penampilan pencak silat, dan teater. Kegiatan ditutup dengan windows shopping para siswa kelas XI dan XII, wali murid, serta tamu undangan.

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close