Peristiwa

Prokesra, Produk Terbaru Bank UMKM Jawa Timur untuk Bantu Permodalan UMKM

Teks foto : Asisten Gogol Sujarwo

PROBOLINGGO, DORRONLINENEWS.COM – Sebanyak 50 pelaku UMKM Kota Probolinggo mengikuti Sosialisasi Program Kredit Sejahtera (Prokesra) pada Bank UMKM Jawa Timur, Selasa (6/12). Giat yang diselenggarakan Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) mengambil lokasi di Pendopo Kantor Kecamatan Kanigaran.

Sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2020 tentang Pengembangan dan Pemberdayaan Usaha Mikro, upaya ini merupakan peran pemerintah untuk mendukung peningkatan kemampuan SDM dan pengembangan usaha. Bank UMKM Jawa Timur ditunjuk sebagai fasilitator untuk pelaku UMKM agar mendapatkan tambahan modal bagi usahanya.

Kepala DKUPP Fitriawati menjelaskan sosialisasi ini berupaya memberikan pengetahuan mengenai program, manfaat, dan tata cara Prokesra. “Juga merupakan suatu bentuk pemberdayaan UMKM dalam hal akses fasilitasi permodalan dan merupakan bentuk dukungan UMKM dan peningkatan kesejahteraan para pelaku UMKM,” ujar Fitri.

Sementara itu Asisten Gogol Sujarwo, narasumber dan mewakili Wali Kota Probolinggo menjelaskan sedikit terkait Prokesra ini. Prokesra merupakan produk terbaru dari Bank UMKM Jawa Timur untuk pelaku usaha ultra – mikro dengan bunga pinjaman hanya 3% dengan tenor 12 bulan. Nominal pinjaman mulai dari Rp 1 juta sampai Rp 10 juta.

“Bank UMKM Jawa Timur yang merupakan salah satu mitra Pemerintah Kota Probolinggo diharapkan akan meringankan usaha bapak/ibu sekalian dan mengembangkan usaha melalui bantuan permodalan,” kata Gogol.

Ia juga mengingatkan kepada para peserta yang berminat agar amanah. “Bayar cicilan tepat waktu, gunakan uang yang dipinjam untuk benar-benar menambah modal usaha. Mudah-mudahan usahanya semakin meningkat, semakin laris, dan meningkatkan omzet serta pendapatan,” harapnya.

Giat ini juga mengundang dua narasumber lain yakni Ketua DPRD Kota Probolinggo Abdul Mujib, dan Pimpinan Bank UMKM Jawa Timur Cabang Probolinggo Suradi. (Woko)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close