Peristiwa

Evaluasi RAPDes Kecamatan Cerme Tahun Anggaran 2023

Teks foto : Rapat Evaluasi RAPDes Kecamatan Cerme Tahun Anggaran 2023

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Dalam rangka pelaksanaan evaluasi Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPBDes) tahun anggaran 2023, Camat Cerme Umar Hasyim laksanakan rapat pembahasan rancangan APBDes. Pada hari Jum’at, (30/12/2022) tepat pada pukul 10.00 Wib yang bertempat di Aula pendopo Kecamatan Cerme.

Pada kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Camat Cerme Umar Hasyim dan dilanjutkan dengan penyampaian Evaluasi Rancangan APBDes Tahun 2023 oleh Tim Evaluasi, terkait dengan belanja desa yang mengalami penambahan dan pengurangan anggaran.

Turut hadir dalam kegiatan Camat Cerme Umar Hasyim,Sekretaris Kecamatan (Sekcam), Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Cerme Supa’at dan Kepala Desa (Kades) se- kecamatan Cerme, Sekretaris Desa (Sekdes), Perangkat Pemerintah desa dan Tim Evaluasi Rancangan APBDes Tahun Anggaran 2023.

Pentingnya pelaksanaan evaluasi RAPDes ini, yang mana di tahun tahun sebelumnya pelaksanaan evaluasi di laksanakan di kantor Kabupaten/kota, namun sekarang evaluasi dan pendelegasiannya kepada Camat.

Hal tersebut di sampaikan Camat Umar Hasyim, selanjutnya yang perlu di cermati adalah mendahulukan (memprioritaskan) penganggaran penanganan terkait kesehatan, pemulihan perekonomian, dan tanggap bencana.

Untuk itu, Di harapkan agar semua perangkat desa sebisa mungkin melayani masyarakat dengan baik dan maksimal yang sesuai tupoksinya masing masing. Sebab, Pemerintah daerah sudah memberikan kebijakan, baik itu siltap (tunjangannya), untuk memberikan kelayakan pada perangkat.

Menurut Umar,” APBDes merupakan peraturan desa yang memuat sumber-sumber penerimaan dan alokasi pengeluaran desa dalam kurun waktu satu tahun, APBDes terdiri dari Pendapatan Desa, Belanja Desa dan Pembiayaan Desa. Rancangan APBDes dibahas dalam musyawarah perencanaan pembangunan desa,” terangnya.

Dengan harapan, “Semua kegiatan yang dikerjakan di tahun 2022 tidak menjadi suatu permasalahan, dan semoga untuk anggaran tahun depan di susun sesuai dengan prioritas kegiatan yang telah di tetapkan dalam peraturan desa tahun 2023 serta berdasarkan ketentuan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku,”pungkasnya.(tyo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close