Peristiwa

Pemdes Banjaragung Gelar Kirab Budaya Sedekah Bumi Dan Karnaval

Teks foto : Pemdes Banjaragung Gelar Kirab Budaya Sedekah Bumi

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Sedekah bumi dan karnaval desa Banjaragung merupakan salah satu simbolik untuk mempererat rasa persatuan dan kesatuan di dalam bermasarakat serta dalam melestarikan budaya bangsa, juga sebagai wujud rasa syukur atas nikmat Allah SWT.

Diawali dengan arak-arakan Kirab tumpeng raksasa yang dikawal dengan punggowo ala era jaman Mojopahit, tumpeng raksasa yang diarak oleh warga masyarakat Desa Banjaragung yang di awali dari desa banjarmelati menuju ke balai desa Banjaragung. Minggu, (20/11/2022)

Acara tersebut dihadiri oleh Camat dan jajaran Muspika Kecamatan Balongpanggang, Pemerintah Desa dan seluruh Elemen masyarakat Desa Banjaragung.

Sambutan pertama di sampaikan oleh Camat Balongpanggang, M. Amri kepada seluruh warga desa Banjaragung, agar senantiasa saling memupuk rasa kesatuan dan persatuan dalam bermasarakat dan jangan lupa untuk bersyukur atas nikmat dan kesehatan  yang telah di berikan oleh Allah SWT.

Pada kesempatan yang sama, dalam sambutannya Kepala desa Banjaragung Hargianto juga menyampaikan, Terimakasih atas kekompakan para warga berserta para perangkat desa Banjaragung yang sangat kompak dan guyup rukun.

“Saya tidak bisa membalas apa apa hanya Allah SWT senantiasa mencatat sebagai amal baik”. Ucapnya.

“Acara ini diselenggarakan sebagai wujud syukur masyarakat Desa Banjaragung kepada Allah SWT atas limpahan rahmad dan nikmat serta karunianya yang diberikan oleh Allah SWT kepada seluruh warga masyarakat desa Banjaragung, baik berupa kesehatan atau hasil pertanian yang melimpah, untuk itu kita wajib mensyukuri segala nikmad yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita semua, untuk itu jangan lupa untuk bersedekah”, Imbuh Kades Hargianto.

Ia juga menjelaskan,” Kirab Budaya Sedekah Bumi ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mempersatukan masyarakat, serta untuk menjalin kerjasama antara warga yang satu dengan yang lain agar senantiasa guyub rukun dan saling bergotong royong bahu-membahu untuk menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan antar warga masyarakat Desa Banjaragung.

“Karena bila masyarakat sudah kompak maka untuk mewujudkan pembangunan di desa akan semakin mudah”. Katanya.

Hargianto juga Berharap,” Kami Berharap agar acara Kirab Budaya Sedekah Bumi ini terus dikembangkan dan dilestarikan tidak hanya sekali ini saja melainkan secara terus menerus diadakan secara periodik dan akan dijadikan agenda tahunan.

“Marilah kita jaga dan lestarikan budaya tinggalan nenek moyang kita agar Kirab Budaya Sedekah Bumi ini tidak hilang begitu saja oleh perkembangan zaman.” Pungkasnya. (Tyo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close