Peristiwa

Jelang Hari Raya Idul Adha, Tim Puskeswan Balongpanggang Blusukan & Percepat Vaksinasi Terhadap 135 Ekor Hewan Ternak

Teks foto : Tim Puskeswan Balongpanggang Blusukan & Percepat Vaksinasi Terhadap 135 Ekor Hewan Ternak

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Satu upaya tim gabungan Puskeswan Balongpanggang blusukan semaksimal mungkin untuk pencegahan PMK di Kabupaten Gresik Khususnya di wilayah Balongpanggang. Salah satunya dengan melakukan vaksinasi pada ternak hewan.

Tim vaksinator dari Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kecamatan Balongpanggang laksanakan kegiatan blusukan kekandang kandang untuk berikan Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak (Sapi) di wilayah Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik, Rabu(06/07/2022).

Kali ini kegiatan Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Hewan ternak sapi yang menyasar di Dusun Sugih Waras Desa Dapet kecamatan Balongpanggang dengan tim vaksinator yang dibantu oleh beberapa tim gabungan lainnya.

Saat di konfirmasi awak media Kepala Puskeswan Balongpanggang Niken mengatakan,” bahwasanya target vaksinasi tahap satu di desa Dapet hari ini sekitar 135 ekor hewan ternak yang nantinya akan dilanjutkan untuk vaksinasi tahap kedua setelah kurun waktu 28 hari,” ungkapnya.

Niken juga menambahkan,” bahwa seluruh hewan atau sapi yang sudah sehat akan diberikan suntikan Vaksin tahap satu sekaligus kita juga memberikan suntikan untuk mengurangi efek vaksin yang khusus kita suntikan kepada hewan atau sapi yang sedang hamil agar tidak terjadi demam ataupun alergi pada hewan tersebut,” tambah Niken.

Vaksinasi 135 hewan ternak di desa dapet dilaksanakan dari pukul 09.00 hingga selesai berjalan dengan lancar.

Sementara di tempat terpisah Camat Balongpanggang M.Amri mengatakan bahwa,” di laksanakan Vaksinasi di dusun Sugiwaras desa Dapet ini merupakan giat berkala Puskeswan Balongpanggang dalam rangka antisipasi hewan ternak yang sehat tertular penyakit PMK yang saat ini marak beredar,”ujarnya.

Vaksinasi hari ini yang mana dilakukan monitoring bersama muspika Balongpanggang beserta dokter hewan & tim medis puskeswan Balongpanggang adalah langkah langkah antisipatif yang dilakukan.

Lanjut M.Amri,” Kegiatan ini bertujuan memutus persebaran PMK yang menyerang hewan ternak khususnya sapi, dengan terbentuknya imun tubuh sapi tersebut maka besar harapan dampak PMK tidak terjadi, khususnya di wilayah Balongpanggang dan pastinya memberikan kenyamanan bagi peternak,” pungkasnya.(tyo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close