Peristiwa

Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Kancana Berdaya Terhadap Puluhan Relawan

Teks foto : Karangtaruna Munggugianti, Kecamatan Benjeng

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Upaya penanganan bencana pada saat ini, dengan menitikberatkan pada partisipasi generasi muda dalam penanggulangan bencana. Jadi generasi muda bukan hanya sekedar menjadi korban/objek dari bencana namun juga sebagai pelaku dari penanggulangan bencana.

Hal itu dilakukan dalam rangka pengembangan generasi muda tampil siaga untuk membantu pemerintahan Desa dalam mengatasi problem bencana yang dialami masyarakat. Oleh karenanya, karang taruna berperan sebagai wadah pengembangan generasi muda.

Untuk itu, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur selenggarakan sosialisasi dan pelatihan Karang Taruna Siaga Bencana Berbasis Budaya (Kancana Berdaya) guna memberikan bekal terhadap generasi muda.

Bertempat di Gedung serba guna Mugi Bangkit Desa Munggugianti Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik selama 2 hari Selasa-Rabu (24-25/5/2022) dengan melibatkan peserta dari 4 Kecamatan yakni (Benjeng, Cerme, Balongpanggang Dan Duduksampeyan).

Acara tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur Dr. Alwi, M.Hum., yang dihadiri oleh Dinas Sosial Kabupaten Gresik, Camat Benjeng Hj.Siti Sulihah, Kades Munggugianti Fathur Rozi dan undangan lainnya.
Pada Kesempatan tersebut Kadinsos Jatim Dr. Alwi menyampaikan apresiasi pada penyelenggara serta peserta yang sangat antusias.

Lebih lanjut Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini perlu digalakkan terutama oleh Kartar sebab kegiatan ini mampu menumbuhkan kepedulian sosial pada lingkungan masing masing.

Selain itu, Kadinsos Jatim juga berikan dua pesan,” hal terpenting yang harus dilakukan yakni Pertama harus selalu membangun koordinasi yang baik dan yang kedua jangan mengabaikan standart operasional pelaksanaan (SOP) kegiatan agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan,” pesan nya.

Tak lupa Ia juga mengingatkan agar jangan sampai kita berniat baik untuk menolong orang tapi kita mengabaikan keselamatan diri kita sendiri, dan jangan lupa untuk mengedepankan budaya dalam giat sosial salahsatunya adalah budaya gotong royong.

Masih di kesempatan yang sama Linda Nur Fitriyah salahsatu anggota Kartar asal Kecamatan Benjeng menuturkan bahwa dirinya mengikuti kegiatan ini atas dasar kepedulian dan keinginan untuk bisa bermanfaat serta bisa membantu sesama terutama saat terjadi bencana.

Linda juga menyampaikan bahwa dengan masuknya dirinya dalam Kencana Berdaya ini juga bertujuan agar bisa tetap melestarikan budaya gotong royong lebih lebih dalam keikutsertaanya dalam pemulihan ekonomi saat masa transisi yakni dari masa pandemi ke masa endemi.

Kegiatan dilakukan seremonial, pembekalan dengan materi dari para narasumber dan disertai dengan simulasi penangan eksekusi warga saat terjadi bencana sekaligus melakukan pemenuhan kebutuhan korban saat di tempat pengungsian.

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas generasi muda dalam merespon dan memitigasi dampak / resiko bencana.

Di karenakan, resiko bencana selalu ada dan tinggi dengan adanya bahaya dan kerentanan di masyarakat, maka resiko dapat dikurangi dengan meningkatkan kapasitas generasi muda/Karang taruna untuk menumbuhkan kepedulian sosial terhadap lingkungan masing masing. Maka upaya pengurangan risiko bencana adalah dengan mengurangi kerentanan yang ada di masyarakat.

Dengan demikian, apabila terjadi bencana maka generasi muda terutama untuk Karang Taruna bisa ikut aktif membantu Pemerintah Desa untuk menentukan langkah awal apa yang harus dilakukan ketika terjadi bencana. Gerak cepat bersama ini yang nantinya bisa meringankan beban para korban bencana yang datang tiba-tiba.(Tyo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close