Sosial

MWCNU Ujungpangkah Salurkan Donasi Rp.85 Juta untuk Korban Semeru

Teks foto : Pengurus MWCNU Ujungpangkah

GRESIK,DORRONLINENEWS.COM – Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Ujungpangkah melalui beberapa Lembaga MWCNU dan Badan Otonom bergerak cepat membentuk Tim Aksi Kemanusiaan guna memberikan bantuan kepada korban terdampak Erupsi Gunung Semeru Lumajang Jawa Timur.

Ketua MWCNU Ujungpangkah Gresik, Gus Nafisul Athok mengatakan mengatakan, bahwa Tim ini merupakan gabungan sejumlah elemen Pengurus MWCNU, Lembaga dan Badan Otonom MWCNU Ujungpangkah.

“Tidak hanya melibatkan Pengurus NU dan Lazis-NU saja, namun kami juga meminta Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI NU), LP. Ma’arif NU, Lakpesdam dan Banom seperti Pergunu, GP. Ansor, Fatayat NU, serta IPNU-IPPNU yang bertugas mengawal penggalangan dana serta penyaluran Donasi untuk Korban Erupsi Semeru di Kab. Lumajang,” ujar Gus Athok, Senin (27/12/2021).

Rombongan Aksi Kemanusiaan yang dipimpin langsung oleh Sekretaris MWCNU Ujungpangkah, Moh. Fathurrahman dan Ketua NU Care- LAZISNU Ujungpangkah tersebut resmi diberangkatkan menuju lokasi penanggulangan bencana Erupsi Semeru di Lumajang Jawa Timur pada Sabtu malam, 25 Desember 2021.

“Kami bersama seluruh Tim Aksi Kemanusiaan MWCNU Ujungpangkah yang berjumlah 10 orang tiba di Lumajang sekitar pukul 03.00 dini hari. Alhamdulillah kehadiran kami disambut dengan ramah oleh koordinator Tim penanggulangan Bencana di kantor PCNU Lumajang,” terang Fathurrahman,

Fathur yang juga sebagai Ketua BPD Pangkahkulon tersebut menambahkan bahwa PCNU Lumajang menjadi salah satu titik resmi pengumpulan dan penyaluran bantuan untuk korban erupsi Semeru.

“Selain di Pendopo Kabupaten, Kantor PCNU Lumajang menjadi Posko Utama, pengumpulan dan penyaluran Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Erupsi Semeru” tambahnya.

Bantuan yang diserahkan langsung ke posko utama NU Lumajang Peduli, di Jalan Alun-alun Timur nomor 3, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur tersebut diterima langsung oleh Ketua NU Care – LazisNU, PCNU Lumajang, Khoiruddin, pada Minggu, 26/12/2021.

Dalam moment penyerahan bantuan tersebut, Ketua NU Care – LazisNU Kecamatan Ujungpangkah, Hanifan mengatakan, penyaluran bantuan ini sebagai bentuk kepedulian kepada para korban bencana alam erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

“Sebelumnya kami menyampaikan salam dari Pengurus MWCNU Ujungpangkah dan Warga NU Ujungpangkah. Kami ikut berduka atas musibah yang menimpa saudara kami disini. Selanjutnya kami juga menyampaikan bantuan senilai Rp. 85.561.500, dengan rincian Rp. 80 juta berupa uang tunai dan Rp. 5.561.500 berupa bantuan Obat, vitamin dan Masker”. Kata Hanifan.

Ia berharap, dengan dikirimkannya bantuan ini bisa membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak erupsi gunung Semeru.

“Besar harapan apa yang kami berikan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang terdampak bencana.” Harapnya.

Katib Syuriah PCNU Lumajang, KH Fanandri Abdus Salam, yang ikut menerima bantuan dari MWCNU Ujungpangkah mengatakan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya atas apa yang dilakukan oleh warga Nahdliyyin di Ujungpangkah.

“Sungguh kami merasa bersyukur, berterimakasih atas kepedulian yang diberikan kepada kami, Kami mendoakan semoga bantuan ini menjadi amal jariyah yang tidak terputus pahalanya,” ujar KH Fanandri.

Pada moment tersebut Rombongan Tim Aksi Kemanusiaan MWC NU Ujungpangkah diberikan waktu khusus untuk bertemu dengan Thoriqul Haq, Bupati Lumajang di Pendopo Aryawiraraja.

“Alhamdulillah, kami kedatangan MWCNU Ujungpangkah, membantu masyarakat yang terdampak erupsi Semeru di Kabupaten Lumajang, bantuan yang sudah disalurkan melalui LazisNU akan difokuskan untuk pembangunan hunian sementara,” ujar Bupati Lumajang. (Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close