Peristiwa

Jembatan “Geladak Perak ” Lumajang Akan Dibangun Lagi dengan Konstruksi Berbeda Dari Sebelumnya Disiapkan Anggaran 100 Milyar

Teks foto : Jembatan “Geladak Perak ” Lumajang

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Jembatan penguhubung utama Lumajang – Pronojiwo yang ambruk akibat awan panas guguran (APG) Bencana Gunung Semeru akan kembali dibangun di titik yang sama, namun dengan struktur bangunan yang berbeda.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Jendral Bina Marga Kementrian Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Hedy Rahadiyan usai melakukan pemantuan bekas runtuhan Geladak Perak, di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Selasa (7/12/2021).

Hedy juga menyampaikan, bahwa kerusakan Geladak Perak salah satunya diduga karena pondasi yang menopang dari bawah sudah terkikis oleh terjangan lahar dingin, ditambah dengan pengaruh Awan Guguran Panas.

Oleh karena itu, pihaknya akan mengonstruksi ulang struktur bangunan Jembatan Geladak Perak agar nantinya tidak bergantung pada pondasi bawah.

“Nanti akan kita ganti, konstruksinya akan kita balik, jadi ini runtuhnya kan bangunan bawah jadi kita nanti tidak akan gunakan pondasi dibawah, tapi sifatnya nanti melengkung keatas,” ujarnya.

Sementara untuk lokasi, panjang dan lebar bangunan akan sama seperti Geladak Perak yang sebelumnya.

“Untuk titiknya tetep, bentangannya relatif sama, kecuali ada kebutuhan yang lain,” kata dia.

Diketahui, untuk mebangun jembatan tersebut dibutuhkan waku dengan estimasi selama satu tahun dan membutuhkan biaya sedikitnya Rp100 Milyar.

“Membutuhkan waktu sekitar 1 tahun untuk proses pengerjaannya. Dan, total anggarannya Rp100 Milyar kira-kira,” terangnya.

Ia mrnambahkan, bahwa saat ini pihaknya telah melakukan perencanaan untuk membuat jembatan sementara agar semua proses penyaluran bantuan dan monilitas warga bisa berjalan lancar.(woko)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close