Pemerintahan

Camat Menganti Semalam Mendatangi 5 Desa Yang Melaksanakan MUSDES Pemutakhiran Data Berbasis SDGs

Teks foto : Camat Menganti hadiri musdes Pemutakhiran SDGs

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Pemutakhiran data berbasis SDGs merupakan pemutakhiran data indek desa membangun (IDM) yang lebih detail dan lebih mikro sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak dan sebagai proses perbaikan karena terdapat pendalaman data – data pada level RT , keluarga dan warga .

Sedikitnya ada 5 desa di kecamatan Menganti yang melaksanakan MUSDES penetapan hasil pemutakhiran data desa (SDGs) yaitu Desa Menganti , Gempol kurung , Kepatihan ,Gading watu dan Pengalangan.

Dalam rangka pelaksanaan pendataan Desa berbasis sustainable development Gools ( SDGs) Desa tahun 2021 diharapkan mampu menterjemahkan dalam perencanaan desa dalam dokumen rencana kerja pemerintahan desa (RKPDes) tahun selanjutnya sesuai dengan prosedur operasional standard atau SOP SDGs Desa tahun 2021 .dan penetapan data SDGs Desa wajib ditetapkan dalam forum musyawarah desa ( musdes ) dan ditetapkan dengan SK kepala desa tentang penetapan data SDGs Desa.

Musdes penetapan pemutakhiran data berbasis SDGs desa ini diselenggarakan oleh BPD dan difasilitasi oleh pemerintahan desa sesuai dengan Permen desa PDTT no 16 Tahun 2019 .

Kepala desa Kepatihan H Dodik Suprayogi dalam sambutannya mengatakan penyelesaian pemutakhiran data berbasis SDGs desa tidak lepas dari peran serta semua pihak .

Alhamdulillah kita dapat menyelesaikan pemutakhiran data ini semua berkat dukungan dan kerja keras semua pihak terutama dukungan dari pihak kecamatan dan pendamping desa serta relawan juga RW dan RT.

Sementara itu camat Menganti sujarto mengatakan pelaksanaan musdes pemutakhiran data berbasis SDGs di lima desa yang ada di kecamatan Menganti ini sangat bagus dan sudah sesuai aturan . Dimana ke lima desa yang melakukan musdes ini dipimpin oleh ketua BPD didampingi kepala desa dan paparannya dilakukan oleh sekdes selaku ketua Pokja relawan pemutakhiran data .

Harapan kami selaku camat Menganti dengan dilaksanakannya musdes pemutakhiran data berbasis SDGs Desa ini didapatkan data yang valid dan akurat untuk dasar pembangunan desa. (Anam)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close