Pemerintahan

Pesan Kades Pinggir : Untuk men sukseskan SDGs Kita Harus Melaksanakan 3 S

Teks foto : Kades bersama Camat dan pendamping

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Dalam mensukseskan program Kemendes, Pemerintah Desa Brangkal mengelar Bimbingan Teknis (Bintek) tim relawan pendataan Sustainable Development Goal’s (SDGs), di Balai Desa Pinggir, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik, Sabtu (22/5/2021) Malam.

Hadir dalam Bimtek tersebut diantaranya Camat Balongpanggang Jusuf Ansyori, Kepala Desa Brangkal Ainur Rofiq, Pendamping Desa, Kecamatan Balongpanggang H. Yusuf, Rusmanu dan tim pendata SDGs.

Dalam sambutannya Kades Pinggir berharap Kepada Petugas Pendata SDGs,” Untuk mensukseskan Pendataan para Petugas untuk melaksanakan 3 S diantaranya Salam harus melakukan salam, jangan semaunya sendiri mentang-mentang sudah berompi.

“Masuk rumah jangan sampai lupa Salam”. Tuturnya.

Senyum untuk mencari data yang valid harus tersenyum. Jangan main bentak, mengapa karena latar belakang pendidikan dan karakter setiap orang berbeda.

Dan Santun artinya kepada siapa saya berbicara, orang yang sudah tua, atau yang muda.

Untuk itu saya berharap karena program ini dari Kemendes, mari kita data dengan satu persatu rumah demi rumah. “Jangan ada yang ketinggalan,
Saya tidak mau data yang dikira-kira”. Tegas Kades yang sudah 3 periode ini.

Perlu diketahui dan dipahami oleh tim SDGs, agar nantinya bisa bekerja semaksimal mungkin, sebab mengingat akhir bulan mei harus sudah selesai. Kalau kita tidak mengerjakan ini, kedepan Dana Desa tidak akan cair. Ujarnya.

Camat Balongpanggang Jusuf Ansyori menuturkan,” Dalam pelaksanaan pendataan SDGs perlu ada peran serta anak muda atau kaum millenial sangat dibutuhkan oleh pemerintah dalam proses pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

“Program SDGs yang sedang digencarkan pemerintah saat ini membutuhkan peran dari generasi millenial dan anak-anak muda. Mereka inilah yang nantinya akan menjadi motor penggerak dari program pembangunan berkelanjutan itu,”

Lebih jauh Jusuf Ansyori menerangkan, Sebab program SDGs tersebut mempunyai beberapa tujuan di antaranya tanpa kemiskinan, kehidupan sehat dan sejahtera, pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, penanganan perubahan iklim, kemitraan untuk mencapai tujuan dan banyak lainnya.

Ingat dimana pemuda tersebut mereka memiliki kecepatan, ketangguhan, kecerdasan, serta jejaring untuk inovasi berbasis teknologi sehingga memudahkan dalam bekerja.

Program SDGs ini masih baru, saya minta desa merubah APBDes melalui Musyawarah Desa (Musdes). Terangnya.

Perlu diketahui dalam Bimtek tersebut, semua tim pendata SDGs juga diajarkan cara memasukkan data secara Android, yang di pandu langsung oleh Pendamping Desa Kecamatan Balongpanggang H. Yusuf dan Rusmanu. Tambah Jusuf Ansyori. (Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close