Peristiwa

Peresmian Pura Medang Kemulan di Desa Mondoluku, Wringinanom

Teks foto : Pangkoarmada II Laksda TNI I.N.G.SudihartawanS.PI.M.M. didampingi oleh Dandim 0817/Gresik Letkol Inf Taufik Ismail, S. Sos. M.I. Pol udai peresmian

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Upacara Melaspas dan Peresmian Pura Medang Kemulan di Desa Mondoluku Kec Wringinanom Kab Gresik dihadiri oleh Pangkoarmada II Laksda TNI I.N.G.SudihartawanS.PI.M.M. didampingi oleh Dandim 0817/Gresik Letkol Inf Taufik Ismail, S. Sos. M.I. Pol pada Sabtu(20/3/2021) siang.

Melaspas berasal dari bahasa Bali yang terdiri atas dua kata yakni Mlas dan Pas. Mlas artinya pemisah dan pas artinya cocok. Dari kedua rangkaian kata tersebut, melaspas berarti pembuatan bangunan biasanya terbuat dari dua unsur, yakni kayu dan batu dan apabila disatukan akan berbentuk bangunan cocok dan sangat layak untuk ditempati dan ditinggali.

Bagi umat Hindu, upacara ini wajib dilaksanakan dan sudah menjadi tradisi turun-temurun hingga saat ini. Upacara ini digelar agar orang yang akan tinggal di bangunan tersebut merasa aman dan tenteram serta betah dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Dalam hal ini yang dilakukan Upacara melaspas adalah bangunan tempat peribadatan yang digunakan oleh Umat Hindu di Kabupaten Gresik.

Rangkaian kegiatan diantaranya Pembukaan, dilanjutkan dengan sembahyang bersama serta Upacara peresmian secara langsung oleh Pangkoarmada II Laksda TNI I.N.G. Sudihartawan S.Pi.M.M. Hadir juga dalam kegiatan tersebut Letkol Marinir Kadek, Danramil 0817/02 Kapten Hendrik kusmaitobin, Kapolsek Wringinanom Akp Kristian SH., Romo Pendito Sukarji Tenger, Romo Sepuh Satya Bhuwana medang kamulyan, Pj kepala Desa Mondoluku. Bpk Gatot beserta umat Hindu wilayah Gresik dan sekitarnya. (Pendim0817/lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close