Peristiwa

Sambut Hari Dharma Samudera Wadan Kodiklatal Hadiri Tabur Bunga di TMP

Teks foto : Wadan Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Lukman, S.T., M.Si (Han) menghadiri ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa

SURABAYA, DORRONLINENEWS.COM – Menjelang peringatan Hari Dharma Samudera Tahun 2021 yang jatuh tanggal 15 Januari, Wakil Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Wadan Kodiklatal) Brigjen TNI Marinir Lukman, S.T., M.Si (Han) menghadiri ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa yang beralamatkan di Kelurahan Ketabang kecamatan Genteng Surabaya, Kamis, (14/1/2021).

Upacara tabur bunga memperingati Hari Dharma Samudera Tahun 2021 tersebut dipimpin langsung Kepala Staf (Kas) Koarmada II Laksma TNI Davit Santoso. Selain Wadan Kodiklatal tampak hadir dalam acara tersebut para pejabat utama Kotama TNI AL Surabaya diantaranya Wagub AAL, Komandan Lantamal V Surabaya, Komandan Pasmar 2 Surabaya, Wadan Puspenerbal dan Kadispsial.

Acara diawali dengan laporan Komandan Upacara kepada Inspektur upacara dilanjutkan penghormatan kepada arwah para pahlawan, pembacaan Doa diteruskan peletakan Karangan bunga dan diakhiri dengan acara tabur bunga di pusara para Pahlawan oleh Inspektur upacara yang diikuti para pejabat undangan lainya.

Hari Dharma Samudera yang diperingati setiap tanggal 15 Januari ditujukan untuk memperingati semangat para pahlawan yang gugur di pertempuran laut Aru. Sejarah mencatat, pertempuran Laut Aru antara Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) melawan Belanda terjadi di perairan Maluku pada 15 Januari 1962. Dalam peristiwa yang kini diperingati sebagai Hari Dharma Samudera tersebut, Yos Sudarso gugur sebagai pahlawan bangsa.

Peristiwa yang terjadi pada 15 Januari 1962 tersebut melibatkan 3 Kapal Republik Indonesia (KRI), yakni KRI Harimau, KRI Macan Tutul, dan KRI Macan Kumbang, yang sedang menjalankan operasi senyap untuk mengintai kekuatan armada Belanda di sekitar Irian Barat. Tujuan akhir operasi itu adalah untuk membebaskan Irian Barat dari cengkeraman Belanda. (Penkodiklatal/adit)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker