Pendidikan

Siswa SMK  Miftahul Ulum Melirang Dibekali Keterampilan Berwirausaha

SMK Miftahul Ulum Melirang

Teks Foto : Kepala Sekolah dan Cabang Dinas Pendidikan wilayah Gresik Meninjau Peralatan yang ada di SMK Mini

GRESIK, DORRONLINENEWS.com – Siswa SMK Miftahul Ulum Melirang, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, dibekali keterampilan berwirausaha. Supaya mandiri dan memiliki skill selepas lulus sekolah,
Salah satunya melalui program SMK Mini berupa pelatihan pembuatan meja kursi berbahan besi.

Diketahui program SMK Mini ini merupakan bantuan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Melalui pembekalan keterampilan dan keahlian ini, para siswa diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja sendiri. Dan juga disiapkan sebagai tenaga kerja terampil bagi perusahaan mitra kerja yang membutuhkan.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Gresik Puji Astuti mengatakan, program SMK Mini ini dibentuk agar para siswa memiliki keterampilan dan keahlian selepas lulus sekolah. Nantinya para peserta akan mengikuti pelatihan selama 4 hingga 6 bulan menyesuaikan waktu yang dibutuhkan.

“Kita berharap pesertanya bukan hanya dari SMK Miftahul Ulum, tapi siswa dari sekolah lain juga diajak bergabung. Dan SMK Mini harus menjadi program berkelanjutan, sehingga para peserta benar-benar menjadi wirausahawan,” katanya, Minggu (07/03/2020).

Pada tahap awal ini, lanjut Puji, program SMK Mini di sini akan diikuti oleh 120 peserta. Dengan nilai bantuan pemerintah sebesar Rp 250 juta. Program ini diharapkan mampu mengurangi angka pengangguran. Sehingga perlu adanya pendampingan dari mitra kerja.

“Dengan adanya pendampingan dari mitra kerja perusahaan, maka diharapkan bisa membantu dalam hal pemasaran. Dan juga bisa menampung hasil karya siswa di program SMK Mini ini,” pungkasnya.

Kepala Sekolah SMK Miftahul Ulum Melirang Fathur Rozi berharap, dengan adanya program SMK Mini ini para siswanya bisa mandiri dan menjadi entrepreneur handal. Karena para siswa tidak hanya diajari keterampilan, namun juga diajari bagaimana memasarkan produk.

“Setelah mengikuti pelatihan ini mereka bisa berkarya dan berwirausaha. Dan harapan kami ke depan mereka tetap menjalin hubungan dengan sekolah. Sehingga perkembangannya bisa dipantau,” ungkapnya.

Tampak hadir dalam lounching program SMK Mini Miftahul Ulum Melirang antara lain, Camat Bungah Kiki Nuriyadi, Perwakilan Mitra Kerja dari PT Aplus Pasific dan PT Karmatek Indonesia Jaya serta pejabat dari Dinas Provinsi Jawa Timur. (Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close