Ragam

Bupati Pastikan Mahasiswa Asal Lumajang dari Cina  Negatif Virus Corona 

Pemkab Lumajang

LUMAJANG, DORRONLINENEWS.com – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir terhadap mahasiswa asal Lumajang yang baru pulang dari China.

“Masyarakat tidak perlu cemas, baik Pemerintah Indonesia maupun lembaga-lembaga yang sekian waktu memantau virus corona ini, betul – betul melaksanakan langkah-langkah yang sesuai dengan aturan, apalagi ini menjadi perhatian dunia, tentu lembaga-lembaga dunia turut terlibat dalam proses agar virus Corona ini tidak menyebar,” ujar Bupati usai menyaksikan pemeriksaan Isma Nur Fadhilah yang baru pulang dari China di RSUD dr. Haryoto Lumajang, Rabu (05/02/2020) malam.

Bupati menjelaskan bahwa seluruh mahasiswa asal Lumajang yang pulang dari China hampir dapat dipastikan negatif corona. Hal itu dikarenakan Pemerintah China maupun Pemerintah Indonesia menjalankan serangkaian pemeriksaan ketat bagi siapapun yang meninggalkan China maupun masuk ke Indonesia.

“Kita pastikan bahwa yang datang hari ini adalah yang telah melalui proses pemeriksaan dan hampir dipastikan yang datang ke Indonesia tidak terdampak virus corona, yang sudah datang di daerah pasti telah melewati skrining, pemeriksaan yang dilakukan berbagai tahap, termasuk ketika keluar dari bandara di China maupun kedatangan di bandara Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Rumah Sakit Umum dr. Haryoto Lumajang, dr. Halimi menjelaskan bahwa meskipun telah dipastikan sehat, Isma Nur Fadhilah masih harus menjalani proses observasi. Selama 14 hari, Isma disarankan untuk membatasi kontak dengan masyarakat sekitarnya dan akan mendapatkan pemeriksaan rutin dari Dinas Kesehatan Lumajang untuk memastikan kondisi kesehatannya benar – benar tidak terjangkit virus corona.

“Selama 14 hari kedepan Dinas Kesehatan melalui Puskesmas akan melalukan pemeriksaan sesuai dengan ketentuan, Isma juga diharapkan tetap menjaga kebersihan, tetap memakai masker dulu, jadi setelah 2 minggu itu sudah cukup aman karena itu masa inkubasinya dari kontak dengan penyakit sampai timbulnya kira – kira sekitar 14 hari,” jelasnya. (Indra/Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close