Ragam

Sedekah Bumi Di Pertahankan, Untuk Mempersatukan Warga

Pemdes Tenggor

Sedekah Bumi Di Pertahankan, Untuk Mempersatukan Warga

GRESIK, DORRONLINENEWS.com – Upayah melestarikan warisan budaya leluhur yang hampir terkikis oleh perkembangan jaman, untuk itu masyarakat Dusun Bangle, Desa Tenggor Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik untuk melakukan ritual yang seperti biasanya dilakukan turun temurun dari beberapa jaman. Jum’at (29/11/2019)

Tradisi yang dilakukan oleh warga Dusun Bangle yaitu mengeluarkan tumpeng, yang ritualnya di makam paling tua di Dusun Bangle, Desa Tenggor. Dan malamnya hiburan, untuk kali ini adalah hiburan Ludruk.

Kepala Desa Tenggor Kowianto melalui Hand Phon ia mengatakan bahwa dengan bersih desa atau sedekah bumi ini selain mewarisi budaya leluhur, juga untuk mempersatukan warga yang kemarin paskah pilkades, pileg dan pilpres yang beda pilihan.

“Untuk Itu mari kita kembali menyamakan persepsi untuk bersatu, untuk mewujudkan pembangunan di desa”. Harap Kades.

Selain itu, ia mengajak kepada masyarakat untuk tidak mudah menerima berita sepihak sebaiknya kalau ada berita di tanyakan dulu kepada yang mengerti.

“Karena tangan jahil mudah mengeshere apabila ingin mengadu domba, sekali lagi saya mohon klarifikasi dulu isinya”. Pinta Kades.

Lain halnya dengan Suriadi Tokoh masyarakat Dusun Bangle dengan sedekah bumi, selain mengucap syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat kepada warga semua yang berupa kesehatan, rejeki, kepada kita semua.

Saya berharap “agar panen kita di tahun depan dapat melimpah dan dapat panen yang ketiga berupa panen semangka. Semogah Allah SWT mengusir hama tikus, dan iklimnya mendukung”. Harapnya. (Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close