Hukum dan Keamanan

Komandan Lantamal V Tutup Uji Terampil Glagaspur Tingkat 1 dan 2

Lantamal V

Setelah hampir sebulan diuji terampil Tim Kolatarmada ll, Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Danlantamal V) Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono, S. H., CHRMP menutup pelaksanaan Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) P1, L1, P2, L2 Lantamal V dan Lanal Lanal jajarannya di Rupatama Yos Sudarso, Mako Lantamal V, Surabaya, Jumat (20/12).

Tampak hadir Komandan Kolatarmada ll Kolonel Laut (P) Fritze Flack beserta tim uji, Wadan Lantamal V Kolonel Marinir Jasiman Purba, S. E, para Asisten Danlantamal V, Kasatker dan Kadis Mako Lantamal V, Danlanal Malang, Danlanal Semarang, Danlanal Tegal, Danlanal Banyuwangi, Palaksa Lanal Batuporon, Palaksa Lanal Bali, Palaksa Lanal Jogyakarta dan Palaksa Lanal Cilacap.

Mengawali penutupan, tim uji terampil Kolatarmada ll memaparkan hasil uji berbagai materi teori dan praktek P1, L1, P2 dan L2 yang sudah dijalankan Mako Lantamal V, Lanal Tegal, Cilacap, Semarang, Jogyakarta, Batuporon, Malang, Banyuwangi dan Denpasar sejak tanggal 26 November hingga 20 Desember 2019.

Menurut Dankolat Koarmada II, dari banyak materi yang diujikan, Mako Lantamal V dan Lanal Lanal dijajarannya mendapat apresiasi dalam pelaksanaannya, namun masih ditemukan beberapa poin yang perlu mendapat perhatian dan peningkatan.

Lantamal V dan Lanal jajarannya di bawahnya lanjutnya, telah mampu melaksanakan seluruh materi uji teramppil tingkat l P1 L1 dan Tingkat ll P2 L2 dengan baik.

“Kendala kekurangan, fasilitas pangkalan dapat diatasi dengan koordinasi instansi smaping atau ormas terkait dilingkungan Lanal,” terangnya.

Ia menilai profesionalitas personel masih terjaga, serta pangkalan telah mampu membangun hubungan baik antara inatansi di daerahnya masing masing.

Sementara itu Danlantamal V mengucapkan terimakasih kepada tim Kolatarmada ll yang telah menguji Glagaspur di Lantamal V dan lanal jajarannya.

Dari pelaksanaan Glagaspur ini, diharapkan adanya peningkatan profesional prajurit Lantamal V dan jajarannya sebagai bagian dari SSAT TNI AL.
Untuk itu program pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan secara terus menerus bertingkat dan berlanjut, serta melampaui suatu fase pengujian untuk mendapatkan nilai yang dapat dipertanggungjawabkan, teruji dan terukur.

Pelaksanaan uji terampil Glagaspur tingkat l dan ll lanjutnya, merupakan upaya pimpinan untuk mengetahui dan mengukur sejauh mana kemampuan dan kesiapan suatu pangkalan dalam menghadapi ancaman, gangguan dan serangan pihak lawan atau musuh serta hasil evaluasi oleh tim penguji Kolatamada II untuk menambah dan meningkatkan profesionalisme anggota Lantamal V.

“Setelah uji petik ini, saya berharap bisa semakin baik menuju pangkalan TNI AL yang mempunyai standarisasi sesuai dengan apa yang dipersyaratkan oleh pemimpin guna mengemban tugas pokok Lantamal V,” pungkasnya. (Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close