Pemerintahan

Menyongsong Desa Siaga 2020 Desa Tambakrejo & Universitas Gresik Bekali Keterampilan Masyarakat

 

Gresik,DORRONLINEWS.com-Sebagai persiapkan menyongsong desa siaga 2020 Desa Tambakrejo kecamatan Duduk Sampeyan kabupaten Gresik, menyelengarakan beberapa kegiatan yang bersinergi dengan pihak pihak yang represenratif untuk memberikan penyuluhan maupun pembinaan.
Dalam acara tersebut dihadiri Kepala desa Tambakrejo Kasmiren, ST, beserta perangkat desa, UPT Puskesmas Duduk Sampeyan diwakili Kasmiadi, Kesra kecamatan Duduk Sampeyan diwakili Abidin, Team Ahli RS Petrokimia dr.Eko Priyanto, Kader Posyandu desa Tambakrejo, Dosen Pembina dan Mahasiswa peserta KKN Universitas Gresik dan tamu undangan lainya.

Selaku kepala desa Tambakrejo Kasmirin dalam sambutannya menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Mahasiswa peserta KKN yang telah memprakarsai kegiatan ini serta pada Nara sumber yang nantinya memberikan materi yang akan bermanfaat pada masyarakat khususnya yang hadir pada acara ini.

Ia berharap pada hadirin agar pengetahuan yang di dapat bisa di amalkan seta bisa ditransfer pada masyarakat disekitarnya karena itu akan membantu serta sebagai langka awal membangun kesiapan menuju masyarakat Sehat mandiri menuju desa siaga,terangnya.

dr.Eko Priyanto, Selaku Narasumber menjelaskan dengan detail kepada hadirin terkait dengan pertolongan pertama atau tindakan yang harus dilakukan terhadap kejadian yang membahayakan sebagai langka penyelamatan sebelum mendapatkan penanganan medis, sembari memberi ruang waktu pada hadirin untuk tanya jawab sebelum meneruskan pada materi berikutnya.

Koordinator KKN Universitas Gresik Agus Widodo kepada Media menyampaikan kegiatan ini selain untuk pengabdian pada masyarakat juga sebagai syarat kelulusan dalam ujian praktek profesi. Ia juga menjelaskan rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam kkn ini antara lain : BKIA, Uks, Kesehatan lingkungan meliputi “Prilaku hidup sehat, Lansia, Remaja dan Kegawast Darurat Sehari hari dan Bantuan Hidup Dasar (BHD)” Ia menegaskan kegiatan ini juga sebagai bekal agar masyarakat peka, tanggap serta siaga terhadap bencana yang menimpa,tegasnya.

Sebagai peserta Hanik Muthowiah menyampaikan Ada 5 pokja dalam program kegiatan seperti yang suda diulas oleh Koordinator, Ia menambahkan pada Pokja lansia ada beberapa program diantaranya:
1. Senam lansia
2. Pemeriksaan tensi dan cek gula dara, asam urat gratis
3. Penyuluhan hipertensi dan diabetes
4.pengobatan gratis keluhan darah tinggi, diabetes, keluhan penyakit yang biasa di derita masyarakat ini obat dari kita dan didampingi dari puskesmas Duduk Sampeyan.

Ia juga menjelaskan Pokja kesling ada kegiatan gerakan cuci tangan dengan benar, bantuan Air bersi, kerja bakti pembersihan got /saluran air, gerakan buka jendela pagi hari, Pembagian leaflet, pada remaja ada talk show tentang narkoba Kerja sama dg BNN, uks ada dokter kecil, mencari kader2 untuk desa Siaga, dan KIA ada senam hamil dan penyuluhan ibu hamil dan melahirkan , plus balita,terangnya

Rangkaian Kegiatan ini ditutup dengan foto bersama dan akan diteruskan perpisahan pada tanggal 9 Nopember ini.(sule)

Komentar

Tag

Berita Terkait

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker