Pemerintahan

Wadak Kidul Tingkatkan Pendapatan Petani Tambak Melalui Normalisasi Saluran Air Kali

Pemerintah Desa Wadak Kidul

Suasana Musrenbangdes Wadak Kidul Kecamatan Duduk Sampeyan, Gresik

GRESIK, DORRONLINENEWS.com –
Pasca terlantiknya Kepala Desa definitif H.M. Hamam, desa Wadak Kidul periode 2019-2025 pada malam Ini hari Sabtu tanggal 12-10-2019 Di balai desa Wadak Kidul kecamatan Duduk Sampeyan kabupaten Gresik melakukan tahapan awal untuk menentukan pembangunan Desa Wadak Kidul 6 tahun kedepan dengan menghadirkan Perangkat desa, Kasun, RW, Rt, Tokoh masyarakat, PKK, Karang Taruna / Ormas kepemudaan dan tamu undangan lainnya, untuk mengikuti acara Musrengbangdes yang bertujuan membahas usulan-usulan yang tertampung dalam penggalian gagasan dalam musdes, Acara Musrengbangdes yang di hadiri oleh Kepala desa Wadak Kidul H.M.Hamam, Ketua BPD Umar Syaihan, Perwakilan Bapeda Farid Efendi Selaku koordinator Pelaksana Musrengbangdes Se-Kabupaten, Kasi Pembangunan Kec. Duduk Sampeyan Nurul Fuad, S.Sos. MM. didampingi H.Imron Rosyadi,

Kepala desa Wadak Kidul H.M.Hamam dalam sambutannya menyampaikan tentang banyak hal terkait dengan kebersamaan, Ia mengilustrasikan bahwa dengan keterbatasan anggaran diharapkan keperdulian masyarakat khususnya para agniyah agar tidak menghilangkan kebiasaan untuk ikut serta dalam pembangunan termasuk pembangunan sarana pendidikan atau tempat ibadah lainnya, Ia juga menjelaskan banyak program yang akan dilaksanakan, namun sekala prioritas yang akan dilakukan adalah Normalisasi Kali Tengah karena sangat membantu peningkatan perekonomian masyarakat sebab Wadak Kidul kebanyakan petani tambak.

Ketua BPD menjelaskan bahwa agenda Musrengbangdes dilakukan dengan beberapa tahapan dan terakumulasi usulan pada musdes pada tanggal 4 Okt 2019 yang akan dipaparkan pada Musrengbangdes saat ini, untuk itu dukungan semua pihak baik aparat desa maupun masyarakat sangat dibutuhkan. Is juga berpesan agar segera mengagendakan apa yang menjadi kelengkapan pelaksana/pejabat desa yang kosong termasuk kepengurusan apapun yang masih kosong atau sudah selesai masa jabatannya, Ia menekankan agar ada penyegaran disemua lini kepengurusan,pungkasnya.

Kasi Pembangunan Kec.Duduk Sampeyan Nurul Fuad menyampaikan langkah langkah yang harus ditempuh dalam menjalankan mekanisme pelaksanaan pembangunan dan salah satunya yaitu Musrengbangdes seperti saat ini, yang akan menghasilkan rumusan usulan yang terbagi menjadi empat bidang yaitu Bidang Pemerintahan, Bidang Pembangunan, Pemberdayaan masyarakat (pengembangan BUMDES), Pembinaan kemasyarakatan (Pembinaan PKK, Pembinaan pemuda/karang taruna), Ia juga menyampaikan agar masyarakat optimis pada pembangunan yang akan dilaksanakan akan bisa terwujud sesuai dengan harapan bersama, walaupun usulan itu tidak bisa terlaksana pada tahun 2020 maka akan bisa diusulkan pada tahun 2021,tegasnya.

Farid Efendi Selaku koordinator Pelaksana Musrengbangdes Se-Kabupaten secara detail menjelaskan tentang Pengolahan sampah, Pemberdayaan Ekonomi masyarakat, Pengentasan kemiskinan, Ia juga menyampaikan contoh pelaksanaan empat bidang tersebut yang sudah dilaksanakan di tempat lain, sehingga diharapkan masyarakat peka terhadap potensi yang ada di desa ini walaupun harus adopsi dari daerah lain kalau memang perlu dan dianggap efesien serta bisa bermanfaat bagi masyarakat, pungkasnya sembabari berdialog dengan hadirin.(Sule/Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close