Pemerintahan

Wabup Qosim Bersama  FKUB Gresik Ngansuh  Kaweruh Ke FKUB Kabupaten Pesawaran

Pemerintahan Gresik

GRESIK, DORRONLINENEWS.com –

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Gresik mempunyai peran penting dalam menjaga soliditas antar umat beragama di Kabupaten Gresik. Salah satu wujudnya adalah diwujudkan dengan hubungan baik dan kerjasama antar umat beragama yang sangat harmonis, sehingga dapat menjaga kondusifitas situasi di Gresik.

Hal ini juga didukung dengan kehadiran Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) yang juga mempunyai kontribusi bagi pemerintah dan masyarakat. Hadirnya FKDM bersama para tokoh masyarakat sebagai front liner terhadap deteksi dini bencana sosial lingkungan masyarakat, terutama mencegah dan menyelesaikan persoalan dengan pola penanganan yang komprehensif.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Gresik Dr. H. Moh. Qosim bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Gresik dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Gresik melakukan kunjungan kerja di FKUB Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, Selasa (08/10/2019). Dalam kunjungannya itu, Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim dan rombongan diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung, Desuma Dewangsa, Ketua FKUB Pesawaran Giarto serta sejumlah OPD terkait.

“Kami pemerintah Kabupaten Gresik bersama FKUB yang diketuai oleh KH. Afif Maksum serta FKDM ngangsuh kaweruh ke FKUB Kabupaten Pesawaran, Lampung,” ujar Wabup.

Ia melanjutkan, terpilihnya Kabupaten Pesawaran sebagai lokasi kunjungan adalah karena adanya kemiripan kondisi sosial lingkungan dengan Kabupaten Gresik.

“Masyarakatnya heterogen dan juga terdiri dari berbagai macam suku bangsa dan etnis di sini. Maka harapannya, kita dapat saling sharing tentang bagaimana menjaga kerukunan umat beragama di daerah masing-masing,” kata Wabup Qosim saat.

Ia berharap, melalui pertemuan antara FKUB Kabupaten Gresik dan Kabupaten Pesawaran, maka semakin memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat agar terjaga dari pengaruh luar yang dapat mengakibatkan terganggunya kerukunan di Kabupaten Gresik. “Disisi lain, hubungan baik melalui kunjungan kerja ini akan terus berlanjut dalam berbagai program, terutama yang berkaitan dengan kemaslahatan umat,” pungkasnya.

Hal senada disampaikan KH. Afif Maksum selaku ketua FKUB Gresik, ia pun berharap kunjungan kerja tersebut dapat memberikan pelajaran yang nantinya dapat diimplementasikan di Kabupaten Gresik.

Dalam kesempatan itu, Wabup Qosim juga sempat memperkenalkan sejumlah destinasi wisata di Gresik. Ada wisata religi hingga destinasi wisata di Kepulauan Bawean yang siap dikunjungi wisatawan, khususnya wisatawan dari Pesawaran.

Sementara, Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung, Kesuma Dewangsa mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kunjungannya di Kabupaten Pesawaran. “Terima kasih karena telah memberikan kepercayaan untuk menjadikan Kabupaten Pesawaran sebagai tujuan kunjungan kerja,” ucapnya.

Melalui kunjungan kerja seperti ini, Kesuma Dewangsa berharap akan terjalin hubungan silaturrahmi yang lebih baik lagi kedepannya diantara kedua daerah.

Usai diterima di kantor Pemkab Pesawaran, selanjutnya Wabup Gresik Moh. Qosim dan rombongan mengunjungi Kantor FKUB Kabupaten Pesawaran. (Devi/Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close