Ragam

Budaya Tradisional Tak Akan Tergerus Oleh Kemajuan Zaman

Sedekah bumi

SURABAYA, DORRONLINENEWS.com –
Warga Sawo Kelurahan Bringin Kecamatan Sambikerep, Surabaya mengadakan acara sedekah bumi Minggu (22-09-2019) ini adalah wujud rasa syukur kepada sang pencipta atas semua rejeki yang diberikan.

Sekitar 200 warga memadati balai RW untuk mengikuti acara ritual sedekah bumi .

Hiruk pikuk dan modernitas kota metropolis Surabaya tidak menyurutkan warga Sawo Bringin Surabaya mempertahankan adat budaya dari nenek moyang berupa sedekah bumi.

Ketua panitia sedekah bumi H Suwarno sekaligus ketua RW 02 Sawo Bringin Surabaya dalam sambutannya mengucapkan terimah kasih kepada semua fihak yang ikut mensukseskan acara ini marila kita jaga keamanan dan ketertipan sehingga acara ini berjalan dengan aman dan nyaman.

Acara yang digelar dua hari dua malam yakni mulai sabtu (21/9) malam diadakan tayuban dilanjutkan Minggu (22/9) warga berkumpul di balai RW dengan membawa tumpeng sebagai rasa syukur .

Tepat pukul 13.00 wib diadakan gulat tradisional (okol) yang merupakan simbol warga sawo tiap tahunnya identik dengan okol .

Dan malamnya diadakan hiburan rakyat ludruk semalam suntuk.

Sementara Lurah Bringin Iwan dalam sambutannya Sawo ini adalah wilayah surabaya barat yang masih melestarikan adat ritual sedekah bumi .
Marilah kita lestarikan budaya ini sampai turun temurun. (Anam/Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close